Bupati Bersama Dirjen PDP Kemendes PDTT RI Resmikan Homestay dan Buka Bintek Pelaku Wisata

Bayan,Prokopim Setda KLU- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengembangan objek wisata Desa Tahun 2021 dengan diresmikan Homestay Desa Senaru serta upaya peningkatan kapasitas bagi pelaku wisata dalam pengembangan hospitality homestay yang dibuka secara langsung oleh Dirjen PDP Kemendes PDTT RI Sugito, S.Sos., M.H dan dihadiri Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H bertempat dihalaman Homestay Desa Senaru (28/10).Nampak hadir juga Plt. Direktur Pengembangan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT Muh.Fahri SSTP MSi, Ketua DPRD KLU Nasrudin SHi, Kepala Dinas PMPD Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTB Dr. H. Azhari, S.H., M.H ,Plt Kadis P2KBMPMD KLU Drs. Rusdianto, Ketua PKK KLU Hj.Galuh Nurdyiah Djohan Sjamsu, Camat Bayan Denda Peniwarni, S.E, Kepala Desa Senaru Raden Akria Buana,serta undangan lainnya.
 
Bupati Djohan menyampaikan dengan masuknya Desa Senaru menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia tentu kedepanya tugas kita bagaimana mengelola desa wisata khususnya senaru menjadi lebih baik mulai dari kebersihan, keamanan serta lainya. "Terimakasih kepada Kemendes PDTT yang telah memberikan perhatian pada KLU dengan pembangunan Homestay dalam upaya bangkitnya Pariwisata"ungkapnya.
 
KLU saat ini masih menjadi satu-satunya daerah tertinggal di Provinsi NTB tentu hal tersebut menjadi tantangan bagaimana kita keluar dari daerah tertinggal. "Dengan membangun desa-desa wisata agar bisa nikmati indahnya Parawisata oleh masyarakat dan wisatawan dimana desa juga memiliki peran dalam percepatan pembangunan daerah,"tuturnya. Lombok Utara memiliki tempat wisata komplit hampir semua kecamatan punya tempat wisata unggulan yang menjadi daya tarik untuk datang. "Harapan saya dengan dengan fokusnya kemendes dalam pembangunan pedesaan ini ada hal-hal pesipik yang bisa dilakukan dalam upaya percepatan pembangunan dan pemulihan didaerah ini,"harapnya.
 
Dalam Pada itu Dirjen kegiatan peningkatan kapasitas pelaku wisata dan pengembangan hospitality homestay tentu bagaimana konsentensi kita dalam menjaga kuantitas dan pelayan pada pengunjung dalam perilaku menghadapi para wisatawan yang datang ke lokasi dan membangun kesan positif pada mereka. "Industri pariwisata ialah industri dinamis, kreatif dan inovatif,"imbuhnya.
 
NTB menjadi destinasi super prioritas dengan adanya Mandalika tinggal bagaimana kita mengambil peran dengan potensi yang dimiliki. Kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Plakat dari Dirjen PDP Kepada Bupati dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikan Homestay Senaru serta dilanjutkan dengan peninjauan stan UMKM masyarakat.
 
(den) foto:den/prokopim

Bupati Pembina Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021

Gangga, Prokopim Setda KLU - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati H. Djohan Sjamsu, S.H dengan pemimpin upacara Wirahadi dari Kwarcab Pramuka KLU yang digelar di halaman Kantor Dikbudpora setempat Kamis (28/10). Hadir pula Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R, S.T., M.Eng, Para Anggota Forkopimda KLU, Organisasi Pemuda, Kepala OPD serta ASN di antero KLU.
 
Hari sumpah pemuda tahun ini mengambil tema bersatu, bangkit dan tumbuh.Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda bahwa hanya dengan persatuan, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
 
Pada amanat upacara Bupati Djohan menyampaikan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda yang menjadi pelopor dalam mewujudkan kemerdekaan indonesia dan menjaga keutuhan NKRI. Demikian pula tokoh Pemuda Lombok Utara yang memelopori terbentuknya daerah otonomi baru Kabupaten Lombok Utara Tahun 2008 lalu, saat ini bagaimana kita mengisi dengan program pembangunan, merawat dengan nilai kebersamaan, kekeluargaan, persatuan, norma budaya dan kearifan lokal yang lestari dalam rangka terwujudnya keberlanjutan pembangunan daerah. "Atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan terima kasih kepada tokoh pemuda Indonesia dan pemuda Lombok Utara atas jasa-jasanya" ucapnya.
 
Pemuda sebagai agen perubahan adalah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia. Momentum bersejarah dalam perjalanan bangsa bisa dicapai dengan modal persatuan para pemuda di tengah berbagai keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dalam menghadapi berbagai tantangan.
 
Lebih lanjut kata Bupati Djohan Persatuan pemuda di masa sekarang, menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dengan tetap eksisnya pada masa yang akan datang. Berbagai fasilitas mempersatukan pemuda ada di sekeling kita, ada media komunikasi tanpa batas, koneksi transportasi dari sabang sampai merauke, dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat-sekat jarak antar anak bangsa. "Saya mengucapkan selamat hari sumpah pemuda ke-93 semoga melalui peringatan ini kita senantiasa menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan," tuturnya.
 
Acara juga di rangkaikan dengan penyerahan buku Senandung Do"a si Lembah Gunung Rinjani karya Eri Susmiati kepada Bupati Lombok Utara serta undangan lainnya.
 
(Ant) foto: rar/prokopim

Peringati Sumpah Pemuda Ke-93, Bupati Lombok Utara Apresiasi Peran Pemuda

Diskominfo KLU, Tanjung - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 bertempat di Halaman Kantor Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga di Gangga, Kamis (28/10/2021). Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., selaku Pembina dalam upacara tersebut dalam amanatnya mengucapkan terimakasih kepada tokoh pemuda yang menjadi pelopor kemerdekaan Indonesia. Demikian juga kepada Tokoh Pemuda Kabupaten Lombok Utara yang turut berjuang dalam mewujudkan terbentuknya daerah otonomi Kabupaten Lombok Utara di Tahun 2008 lalu.
 
Sebagai orang yang terdepan dalam memprakarsai terbentuknya Kabupaten Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu mengapresiasi sinergi para tokoh pemuda dalam mengiringi perjalanan Bumi Tioq Tata Tunaq ini dengan program pembangunan, merawat dengan nilai kebersamaan, kekeluargaan, persatuan, norma budaya dan kearifan lokal yang bestari dalam rangka terwujudnya keberlanjutan pembangunan daerah. "Semoga melalui peringatan ini, kita senantiasa menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan," tutur Bupati.
 
Memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng., usai mengikuti upacara juga mengatakan, moment penting dalam sejarah itu perlu dijadikan sebagai motivasi bagi para pemuda dalam membangun daerah khususnya di Kabupaten Lombok Utara terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. "Saya melihat memang peran pemuda ke depan harus menjadi tiang dari pembangunan di Kabupaten Lombok Utara," pungkasnya.
 
Melihat kondisi Indonesia ke depan yang diprediksi akan mengalami Bonus Demografi dimana jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun), Wabup menginginkan agar para pemuda Lombok Utara lebih giat dalam mengemban ilmu sehingga menjadi generasi yang berdaya saing. "Ke depan saya harapkan pemuda-pemuda Lombok Utara bangkit berinovasi. Kami Pemerintah Kabupaten Lombok Utara memberikan ruang yang seluas-luasnya di forum-forum diskusi mapun forum-forum yang lebih besar di dalam peningkatan anak muda Lombok Utara," kata Danny.
 
Turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Lombok Utara Kapolres Lombok Utara AKBP Fery Jaya Satriansyah, SH., Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lombok Utara Mariadi, S.Ag., Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Anding Duwi Cahyadi, S.STP., MM., Dandim 1606/Lobar, para Kepala Perangkat Daerah dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara serta para pengurus Organisasi Pemuda Kabupaten Lombok Utara.
 
(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial