Wabup Lombok Utara Resmikan Rumah Layak Huni Untuk Lansia Terlantar

Prokompim KLU- Wabup Lombok Utara Danny karter Febrianto Ridawan, S.T ., M.Eng resmikan rumah layak huni untuk lansia terlantar di dusun Tebanyak Desa Tegal maja kecamatan Tanjung, jumat (29/10/2021). Hadir pada acara tersebut PLT Kadinsos P3A KLU Fathurrahman, Babinsa desa tagal Maja Serka Ali , para pendamping PKH dan tamu undangan lainnya.
 
Peresmian rumah layak huni untuk inak Kar ini diharapakan menjadi penggerak jiwa solidaritas masyarakat KLU untuk saling membantu, bahu membahu untuk menuntas kemiskinan. Hal ini di sampaikan Wabup Danny dalam diskusinya di dusun terbanyak desa Tegal maja. “Dengan saling membatu untuk mbangun rumah layak huni, gotong royong juga disamping mengurangi biaya juga dapat meningkatkan tali persaudaraan, oleh karena itu melalui momen ini semoga dapat menggugah rasa solidaritas kita bersama untuk sama-sama saling membantu meretas kemiskinan,” jelasnya.
 
Disela diskusinya dengan beberapa pendamping PKH Wabup Danny juga membahas banyak hal terkait kesejahteraan sosial. Pihaknya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pendamping PKH yang telah menemukan lansia terlantar (inak Kar). “ tanpa kerjasama dan kepedulian dari teman-teman PKH kami tidak bisa melacak keberadaan masyarakat yang membutuhkan sampe ke plosok-plosok, oleh karena itu peran dari PKH sangat dibutuhkan,” tambahnya.
 
Dalam kesempatan yang sama PLT Kadinsos P3A Fathurrahman menambahkan pihaknya telah merencanakan pembangunan rumah layak huni untuk lansia di kecamatan kayangan yang menjadi sasaran selanjutnya. Dengan koordinasi bersama Pendamping PKH PLT kadinsos juga percaya hal itu akan efektif untuk meretas kemiskinan. “ Untuk selanjutnya kami akan membangun rumah yang sama juga di kecamatan kayangan , untuk salah seorang masyarakat yang memenuhi kriteria,” sambungnya.
 
Disamping itu Inak Kar bersyukur Telah di bantu dan dibuatkan rumah layak huni. Dirinya mengaku seumur hidupnyabaru kali ini memiliki rumah, dikarenakan selama ini inak kar hanya tinggal di berugak yang di didindingi dengan kain bekas. Acara berjalan dengan khidmat dan tidak lupa menggunakan protokol kesehatan secara ketat.
 
(jfs)

Wakil Bupati Lombok Utara Serahkan Bantuan Rumah untuk Inaq Kar

Diskominfo KLU, Tanjung - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng menyerahkan bantuan rumah program dari Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara (Dinsos KLU), untuk lansia terlantar atas nama Inaq Kar yang beralamat di Dusun Tebanyak Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung, Jum'at (29/10/2021).
 
Melalui kesempatan baik itu, Wakil Bupati (Wabup) menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam membantu peroses pembangunan rumah layak huni untuk Inaq Kar. "Ini adalah respon cepat," apresiasi Wabup kepada pihak Dinsos serta para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Lombok Utara.
 
Wabup menilai, kepedulian dan kepekaan dari masyarakat saat ini sangatlah penting sebagai bahan informasi bagi pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti kembali. Kedepan Danny berharap, seluruh masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah untuk melakukan hal serupa agar masyarakat yang terbantu lebih banyak lagi. "Saya yakin dengan gotong-royong semakin banyak saudara kita yang bisa kita intervensi," pungkas Wabup.
 
Menanggapi persoalan seperti Inak Kar, Wabup menyebut hal itu sebagai PR bersama. Artinya tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah, baik level kabupaten, tetapi juga kecamatan, desa sampai dengan RT memiliki tanggung jawab yang sama dalam membantu masyarakat. "Sekali lagi, bagaimana kita gotong-royong dengan kerbatasan anggaran dan lain-lain, saya yakin dengan sistem yang kita coba bangun kita bisa mensupport lebih banyak orang," kata Wabup.
 
Kedepan, atas nama pemerintah daerah Danny menyampaikan akan merancang regulasi untuk mengcover para lansia terlantar, disabilitas serta anak yatim-piatu yang tidak mampu bekerja. Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial KLU Fathurrahman, S.ST., saat mendampingi Wabup menjelaskan, pembangunan rumah yang dilakukan pihaknya itu adalah bentuk respon pemerintah daerah atas informasi yang disampaikan oleh tim Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Lombok Utara. "Biasanya mereka menemukan persoalan-persoalan seperti ini, segera kita tindaklanjuti melalui tim respon cepat yang sudah kita bentuk di Dinas Sosial Lombok Utara," terangnya.
 
Lebih jauh Fathurrahman mengatakan, bantuan rumah yang dianggarkan melalui Biaya Tidak Terduga (BTT) itu, khusus menyasar lansia yang tidak mempunyai keluarga dan anak yatim-piatu terlantar. "Anggarannya ada di Dispenda (BKAD_red) nanti pengusulannya melalui Dinas Sosial," imbuhnya. Di akhir kunjungannya bersama Wabup, Fathurrahman berharap kepada Pemerintah Desa Tegal Maja, agar bisa gotong-royong membantu Inaq Kar untuk sekedar pembuatan jamban.
 
(Yoan)

Bupati Lombok Utara Terima KKN Tematik Mahasiswa STP Mataram

Tanjung, Prokopim Setda KLU- Sebanyak 77 Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lombok Utara diterima secara langsung oleh Bupati H. Djohan Sjamsu, S.H. Kegiatan penerimaan bertempat di Aula bupati (29/10). Hadir pula Ketua STP Dr. Halus Mandala MHum, Plt Kadis Parawisata KLU Drs. Ainal Yakin, Keordinator Kompak KLU, Camat Bayan Denda Peniwarni, S.E, Kepala Desa Malaka H. Akmaludin Ichwan, M.AP, Serta undangan lainnya.
 
Bupati Djohan menyampaikan menyambut baik hadirnya 77 mahasiswa STP Mataram yang melaksanakan KKN tematik di enam desa wisata yang ada di Lombok Utara, KKN tematik merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pemda KLU dengan STP Mataram Tahun 2020 yang lalu. "Harapan saya pada mahasiswa sebagai agen pembaharuan niscaya mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan masyarakat yang ada di Lombok Utara," harapnya.
 
Peran mahasiswa sebagai pemberi informasi, motivator dan penghubung serta fasilitator tentu peran ini tidak mudah karena permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan beragam yang merupakan dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lombok Utara hampir semua memiliki tempat wisata unggulan dan menjadi daya tarik tersendiri dengan keindahan yang dimiliki. "Semoga anak-anak saya dari mahasiswa bisa melihat potensi yang dimiliki di lokasi KKN agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan selama 2 bulan ini dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan diri mahasiswa sendiri dan bagi desa tempat KKN" tuturnya.
 
Mahasiswa harus mampu melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik dengan lebih meningkatkan kepedulian dan empati atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat serta mendorong perubahan perilaku sebagai proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik. "manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar di tengah-tengah masyarakat bukan hanya belajar teori seperti yang dilakukan sekarang tetapi belajar praktik dalam melihat dan memahami kondisi Masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Lombok Utara ini," tutupnya.
 
Dalam pada itu Ketua STP Mataram Dr. Halus Mandala menyampaikan KKN tematik khususnya untuk membangun desa wisata jadi pekerjaannya tidak hanya biasa-biasa saja tapi khususnya bagaimana membuat desa wisata itu yang awalnya dari rintisan upayakan untuk menjadi desa wisata maju dan mandiri. "Sebanyak 77 mahasiswa yang melakukan KKN untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tempat KKN masing-masing anggaplah rumah sendiri dan bangunlah desa tempat KKN seperti membangun Dasa anda sendiri," ungkapnya.
 
Komitmen dalam membantu desa wisata serta membangun tempat wisata dimana kegiatan ini atas kerjasama dengan Pemda serta Kompak yang memberikan dukungannya sehingga segala bentuk pelaksanaan kegiatan tidak ada hambatan yang berarti. "Kerjasamanya yang luar biasa ini patut kita teruskan dan ditingkatkan agar terus bersinergi lebih baik bisa membangun desa wisata dengan pola desa tematik kemudian dengan desa binaan," tuturya.
 
Adapun lokasi KKN dienam Desa wisata yaitu Desa Senaru, Bayan, Karang Bajo, Genggelang, Medana dan Malaka.
 
(den) foto:den/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial