Bupati Lombok Utara Harapkan BBIL Menjadi Wadah Bagi Pelajar

Diskominfo KLU, Pemenang - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., menghadiri peresmian Gedung Balai Bio Industri Laut (BBIL) oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. L. T. Handoko yang berlokasi di Jalan Raya Senggigi, Teluk Kodek, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (03/11/2021).
ย 
Melalui Press Conference yang dilakukan oleh pihak BRIN, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., mengaku bahagia dan syukur atas dibangunnya gedung BBIL didaerahnya itu. H. Djohan Sjamsu berharap, BBIL yang baru saja diresmikan itu, bisa dijadikan sebagai tempat edukasi, tidak hanya bagi para akademisi tetapi juga untuk para pelajar dan mahasiswa. "Harapan saya kedepan, mungkin hasil riset kita yang ada di sini masyarakat bisa mengetahuinya, dan nanti juga kita ingin anak-anak sekolah untuk bisa melihat apa sih yang dikerjakan (BBIL_red)," kata Bupati.
ย 
๐—ง๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—•๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ถ ๐—•๐—ถ๐—ผ ๐—œ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜‚๐˜ (๐—•๐—•๐—œ๐—Ÿ)
Balai Bio Industri Laut (BBIL) merupakan salah satu unit pelaksana teknis di bidang bio industri laut yang berada di bawah pembinaan Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Balai Bio Industri Laut menyelenggarakan fungsi penerapan dan pengembangan teknologi budidaya dan pascapanen biota laut termasuk biota laut yang diatur dalam Konvensi Perdagangan Internasional untuk Spesies Tumbuhan dan Satwa Liar (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora, CITES). Sejak berdiri pada Tahun 1997 hingga Tahun 2020, Balai Bio Industri Laut telah dan sedang melakukan kegiatan pengembangan dan penerapan teknologi budidaya berbagai biota laut ekonomis penting, seperti Sotong Buluh (๐˜š๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ช๐˜ด ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ด๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข), Tiram Mutiara (๐˜—๐˜ช๐˜ฏ๐˜ค๐˜ต๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ข๐˜น๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข), Teripang Hitam (๐˜๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ต๐˜ณ๐˜ข), Abalon Tropis (๐˜๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฐ๐˜ต๐˜ช๐˜ด ๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข), Siput Mata Bulan (๐˜›๐˜ถ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ฐ ๐˜ค๐˜ฉ๐˜ณ๐˜บ๐˜ด๐˜ฐ๐˜ด๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ด), Teripang Pasir (๐˜๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ช๐˜ข ๐˜ด๐˜ค๐˜ข๐˜ฃ๐˜ณ๐˜ข), Lobster Karang (๐˜—๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ณ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ด๐˜ฑ๐˜ฑ.), dan Makroalga Laut Hijau (๐˜œ๐˜ญ๐˜ท๐˜ข ๐˜ญ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ถ๐˜ค๐˜ข).
ย 
Selain itu, dikembangkan juga produk diversifikasi pangan dari biota laut seperti produk olahan Teripang dan Makroalga Laut Hijau (๐˜œ๐˜ญ๐˜ท๐˜ข ๐˜ญ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ถ๐˜ค๐˜ข). Hasil-hasil kajian budidaya dan pascapanen biota laut yang dikembangkan oleh BBIL - BRIN sebagian telah siap untuk dimanfaatkan dan dikembangkan di masyarakat.
ย 
Selain sebagai lembaga riset dan pengembangan, BBIL diharapkan kedepannya dapat menjadi media transfer teknologi khususnya di bidang budidaya dan pascapanen biota laut yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong perkembangan dunia perikanan dan kelautan Indonesia, khususnya di wilayah NTB.
ย 
Dengan beban kerja yang semakin besar dan luas, serta upaya untuk mengembangkan diri dan berperan aktif dalam konteks pengembangan dan penerapan teknologi budidaya dan pascapanen biota laut dari hulu ke hilir, maka perlu dilakukan pembangunan gedung baru di Balai Bio Industri Laut.
ย 
(Yoan)

Bupati Lombok Utara Hadiri Paripurna Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap 2 Buah Raperda

Tanjung,Prokopim Setda KLU-Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H hadiri Paripurna Pendapat akhir fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KLU terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)tentang Pencabutan Perda Nomor 1 Tahun 2013 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik dan Raperda tentang Desa Wisata berlangsung di ruang sidang DPRD setempat(2/11).
ย 
Hadir Wakil Ketua I H. Burhan M. Nur, S.H Wakil Ketua II Mariadi, S.Ag ,Pj.Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi S.STP., M.M, Perwakilan Forkopimda, Para Staf Ahli,Asisten ,Para Kepala OPD,serta Undangan lainnya.Sidang Paripurna DPRD dipimpin oleh Wakil Ketua II Mariadi, S.Ag yang disaksikan oleh 20 Anggota DPRD lainnya. Usai mendengarkan Gabungan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD KLU Bupati Djohan menyampaikan berhubungan dengan pembahasan rancangan perda, baik segala pertanyaan, saran, masukan dan himbauan yang kami pahami apa yang menjadi saran dan masukan pimpinan dan anggota pansus merupakan bagian yang akan eksekutif laksanakan dalam mendorong proses penyelenggaraan pemerintahan daerah agar lebih berdaya guna dan berhasil.
ย 
Berkaitan dengan Pencabutan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik, yang nantinya akan disusun kembali melalui Peraturan Bupati dalam rangka tertib administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik. โ€œTujuan dari pengalokasian bantuan keuangan parpol dalam APBD ini nantinya dapat menunjang segala kegiatan Parpol baik berkaitan dengan pendidikan politik sebagai penguatan kelembagaan Parpol dan sebagai sarana pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas supaya menjadi warga negara Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,โ€tuturnya.
ย 
Lebih Lanjut Kata Bupati Dua Priode ini terkait dengan Raperda Desa Wisata mengingat pariwisata sebagai salah satu aspek pembangunan di bidang ekonomi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat untuk mewujudkan ksejahteraan masyarakat. โ€œPotensi wisata yang lokasinya ada di desa perlu terus ditumbuhkembangkan agar dampak pembangunan pariwisata bagi masyarakat dapat dirasakan,โ€ungkapnya
Potensi pariwisata yang ada di desa harus dikelola, dibina, dan dikembangkan sehingga menjadi tarik bagi wisatawan. Dengan melihat potensi yang ada di suatu Desa, maka salah satu cara yang dilakukan oleh Pemda KLU adalah menetapkannya melalui suatu regulasi dalam hal ini Peraturan Daerah.Saat ini Desa Senaru masuk 50 besar Desa Wisata di Indonesia dimana telah membuktikan diri bersaing dengan ribuan Desa wisata di Indonesia. โ€Terimakasih atas dedikasi yang tinggi seluruh anggota fraksi dewan yang telah sungguh-sungguh mencurahkan waktu dan perhatiannya sebagai bentuk perwujudan komitmen kita bersama dalam mengakselerasi penyelenggaran pemerintahan di daerah dan berhasil membahas dua buah Raperda,โ€ucapnya.
ย 
Sementara itu Pendapat Akhir Gabungan Fraksi-Fraksi yang dibacakan oleh Rusdianto menyampaikan pencabutan perda Nomor 1 tahun 2013 tentang bantuan keuangan partai politik sebagai bentuk penyesuaian terhadap perubahan regulasi yang mengatur tentang bantuan keuangan partai politik. โ€Perda nomor 1 tahun 2013 tentang bantuan keuangan partai politik ini mengacu pada peraturan pemerintah Nomor 5 tahun 2009 tentang bantuan keuangan partai politik yang dalam perkembangannya peraturan pemerintah tersebut mengalami perubahan sehingga perlu melakukan perbaikan dan penyempurnaan baik menyangkut legal drafting, aspek hukum serta isi dari rancangan raperda tersebut,โ€katanya.
ย 
Lebih lanjut kata Fraksi dari PBB Raperda desa wisata pada prinsipnya sangat dibutuhkan dalam rangka mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di daerah serta dapat memberikan dampak positip bagi masyarakat dan Pemda KLU. โ€œAspek ekonomi, aspek sosial, aspek lingkungan dan aspek budaya serta dapat memberikan wawasan mengenai manajemen serta strategi dalam mengembangkan desa sebagai desa wisata,โ€tuturnya.
ย 
(den) foto:atn/prokopim

Bupati Lombok Utara Resmikan 8 Fasiltas Kesehatan Proyek UNDP-Petra di KLU

Tanjung, Prokopim Setda KLU- Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu SH resmikan 8 fasilitas kesehatan di Lombok Utara proyek UNDP-PETRA secara simbolis dilakukan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Rangsot Desa Singgar Penjalin(1/11). Hadir pula Anggota DPRD KLU Adam Malik SIP,Perwakilan UNDP Petra Nurjanah, Plt. Kadis Kesehatan KLU dr. H. Abdul Kadir, Kalaksa BPBD KLU M Zaldy Rahadian ST, Para Kepala Puskesmas, Kepala Desa Singgar Penjalin Zawil Fadli serta undangan lainnya.
ย 
Sebelum meresmikan Pustu Bupati Djohan menyampaikan Kepedulian Pemerintah Jerman melalui UNDP Petra pada daerah KLU sangat luar biasa total ada 14 bangun yang di berikan pada NTB 12 diantaranya ada di KLU dengan 4 SMK dan 8 Pustu yang diresmikan dan diserahkan. โ€œKami atas nama Pemda menyampaikan terimakasih pada para Donatur dan Para lembaga Internasional dan Nasional lebih khusus pada UNDP Petra yang memberikan perhatian dan membantu percepatan pemulihan pasca bencana di KLU ini,โ€ungkapnya.
ย 
Tugas daerah melalui dinas kesehatan nantinya dengan adanya Bangunan Pustu menempatkan tenaga kesehatan dan melengkapi alat-alat medis yang dibutuhkan supaya masyarakat yang ada disekitar wilayah Dusun Rangsot jika ada keluhan atau sakit bisa kesini tidak langsung ke Puskesmas atau RSUD KLU. โ€œDengan adanya Pustu yang dibangun mempermudah pelayanan masyarakat di Desa masing-masing mudah dijangkau oleh masyarakatโ€ungkapnya.
ย 
Dalam pada itu Stakeholder Liaison Associate UNDP Petra Nurjanah mengungkapkan 12 bangun yang ada di Lombok Utara adalah Project dukungan dari pemerintah federal Jerman dan KFW untuk pemulihan pasca bencana gempa bumi tahun 2018 dimana awalnya meminta 15 Pustu hanya 8 yang disetujui dan diberikan. โ€ Harapan kami pembangunan Pustu ini berguna dengan baik mengingat pustu ini menjadi kebutuhan mendesak masyarakat terkait dengan layanan kesehatan,โ€ harapnya.
ย 
Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Prasasti dan pemotongan Pita oleh Bupati yang disaksikan oleh undangan lainnya.

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
ย  +62-370-6147277
ย  +62-370-6147277
ย  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
ย +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
ย 
ย  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial

ย ย ย ย 

ย 

ย 

ย