Desa Jenggala Raih 5 Kategori Juara pada Lomba Kampung Sehat Jilid II KLU

Diskominfo KLU, Tanjung - Usai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-76 di Halaman Kantor Bupati Lombok Utara, Rabu (10/11/2021), Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., menyerahkan hadiah bagi desa juara Lomba Kampung Sehat Jilid II Tingkat Kabupaten Lombok Utara (KLU) Tahun 2021.
 
Pada momen bersejarah itu, Bupati menyampaikan, dengan adanya lomba Kampung Sehat Jilid II tersebut, masyarakat desa dapat lebih termotivasi untuk membebaskan wilayahnya dari wabah Covid-19 sehingga secara keseluruhan Kabupaten Lombok Utara tetap berada di zona hijau dengan 0 kasus Covid-19. "Sekarang ini kan sudah mulai menurun, dan kalau ini menurun kita kembali pada kehidupan normal, sehingga daerah kita akan lebih baik lagi kedepan," tutur Bupati.
 
Sementara itu Kepala Desa Jenggala, Fakhruddin, S.Pd yang berhasil menyabet 5 kategori juara pada ajang perlombaan Kampung Sehat Jilid II ini mengatakan, resep keberhasilannya menjuarai dua kali ajang tersebut adalah sinergi antara tiga pilar desa yaitu Pemerintah Desa Jenggala dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Jenggala yang terbangun cukup baik, serta hubungan kerjasama yang kompak antara seluruh lapisan masyarakat.
 
Sebagai garda terdepan di pemerintah desa, Fakhruddin berkomitmen akan terus berikhtiar dalam melawan Covid-19 di wilayahnya. Hal itu dibuktikan dengan tingginya capaian prosentase partisipasi warga Desa Jenggala dalam menyukseskan Program Vaksinasi di Kabupaten Lombok Utara. "Alhamdulillah di Desa Jenggala sampai saat ini, angka prosentase partisipasi masyarakat di dalam vaksin itu mencapai 97%, jadi tinggal kami bimtek untuk bagaimana mencapai target 100%," terangnya.
 
Pada kesempatan bahagia itu, Kades Jenggala juga berharap kepada masyarakat Desa Jenggala serta seluruh warga Lombok Utara pada umumnya, agar sama-sama mendukung suksesnya program vaksinasi di Kabupaten Lombok Utara.
 
Adapun kategori juara yang berhasil diraih oleh Desa Jenggala pada ajang Lomba Kampung Sehat Jilid II tersebut diantaranya, Nominator 10 Besar Desa Lawan Covid-19, Kampung Sehat Heroes diraih oleh Fakhruddin, S.Pd., Bhabinkamtibmas Desa Jenggala Gede Wagiarta dan Babinsa Desa Jenggala I Gede Agus Suharjana, serta juara terbaik kategori Lawan Covid-19.
 
(Yoan)

Desa Senaru Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia 2021

Diskominfo KLU, Bayan - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno B.A, M.B.A., atas masuknya Desa Senaru dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 bertempat di Bale Adat Dusun Senaru, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kamis (04/11/2021).
 
Pada momen bahagia itu, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu menyampaikan terimakasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan atas kunjungannya ke Kabupaten Lombok Utara khususnya di Desa Senaru. "Selamat datang Pak Menteri dan rombongan, terima kasih atas kehadirannya di Desa Senaru," tutur Bupati.
 
Dengan terpilihnya Desa Senaru sebagai salah satu desa wisata terbaik Indonesia saat ini, H. Djohan Sjamsu berharap anugerah dari Kemenparekraf RI tersebut, menjadi salah satu simbol wujud kebangkitan pariwisata di Lombok Utara yang kini lesu akibat mewabahnya Virus Covid-19 di berbagai negara. "Harapan kita selesainya Covid-19 ini, seluruh kegiatan wisata bangkit, untuk membangun diri dan daerah kita," ucap Bupati.
 
Sementara itu, Menparekraf RI Sandiaga Uno usai berkeliling melihat keindahan Desa Senaru, Menteri yang berjiwa milenial ini menyebutkan bahwa Desa Senaru memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan pariwisata yang akan mampu membuka lapangan kerja seluas-luasnya. "Saya tadi sudah berkeliling melihat keindahan, dan ini akan menjadi sebuah desa yang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Bang Sandi sapaan akrab Menparekraf RI.
 
Seiring akan digelarnya perhelatan dunia yaitu WSBK (World Superbike) dan MotoGP Mandalika dalam waktu dekat ini, Bang Sandi menginginkan desa wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat terintegrasi dalam satu bagian jejaring tour atau peta perjalanan untuk memudahkan para wisatawan mengakses tujuan wisata yang akan dikunjungi, salah satunya Desa Wisata Senaru yang ada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. "Harapan kita jejaring ini, bisa menawarkan satu pengalaman yang berbeda, sehingga Insyaallah pariwisata akan pulih, ekonomi kreatif akan bangkit dan lapangan kerja kembali terbuka," pungkas Menparekraf RI.
 
Sebagai bentuk komitmennya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menginginkan pariwisata dan ekonomi masyarakat bangkit, Bang Sandi saat menyambangi Kampung Adat Senaru itu, menyempatkan diri untuk berbelanja membeli produk-produk lokal dari pelaku UMKM Desa Senaru yang telah diakomodir pihak desa. "Kami melakukan penetrasi serbuan rojali (rombongan jadi beli) dan rogana (rombongan gak pakek nanya) langsung saja, supaya pariwisata dan ekonomi kreatif ini segera bangkit dan ekonomi segera bergerak," kata Bang Sandi dalam candanya disambut tawa bahagia masyarakat Senaru.
 
Di akhir kunjungannya menyapa warga Senaru, Bang Sandi melalui pantunnya berpesan, agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 demi pulihnya pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. "Melihat air terjun bikin hati gembira, pemandangannya begitu menakjubkan, jika kondisi Parekraf Lombok Utara ingin pulih segera, mari disiplin terapkan protokol kesehatan," pantun Menteri Milenial Sandiaga Salahuddin Uno diiringi riuh tepuk tangan warga.
 
(Yoan)

Bupati dan Wabup Lombok Utara Dampingi Menparekraf RI dalam Penganugerahan 50 Besar ADWI 2021

Tanjung, Prokopim Setda KLU- Dalam rangka mendorong dan mengembangkan Desa – Desa Wisata di Indonesia untuk menjadi Destinasi Pariwisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dengan tema Indonesia Bangkit dari total 1.831 Desa Wisata ADWI tahun 2021 setelah melakukan penilaian oleh dewan juri sejak April lalu Desa Senaru Kecamatan Bayan masuk 50 Besar ADWI. Kegiatan Penganugrahan secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno yang disaksikan oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H dan Wakil Bupati Danny Karter Febrianto R, S.T., M.Eng di Desa Senaru (4/11).

Nampak hadir pula Kasrem 162 WB, Kadispar NTB, Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansah SH, Ketua PKK KLU Hj. Galuh Nurdyiah, S.H ,Kepala OPD KLU, serta undangan lainnya. Menparekraf RI Sandiaga Uno menyampaikan Kegiatan Penganugerahan Desa wisata sebagai awal dari kebangkitan Parawisata Indonesia dimasa Pandemi. ”Saya mendapatkan momen luar biasa di Senaru ini dimana ada Women guide dan ini bagian dari promosi yang luar biasa di miliki Desa senaru,” tuturnyaDengan keindahan luar biasa Wisata Senaru tentu akan membuka lapangan pekerjaan nantinya terlebih dengan ada event Internasional WSBK dan Moto Gp di mandalika dengan keindahan yang dimiliki Desa Senaru nantinya juga akan dipromosikan di internasional Simposium yang akan diikuti oleh 23 Negara.

Sementara itu Bupati Djohan Menyampaikan Selamat datang di Desa Senaru Menparekraf dimana Desa Senaru menjadi salah satu dari 6 Desa wisata di kabupaten Lombok Utara.”Harapan kita pandemi covid 19 berakhir dan Pariwisata kita bangkit kembali seperti dulu,”harapnya.

Dalam pada itu ditempat terpisah Wakil Bupati Danny mengutarakan Dengan masuk Senaru 50 Besar ADWI akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan daerah kedepanya. Dengan masuknya Desa Senaru 50 besar ADWI Sinergitas antara Pemda dengan Pemerintah pusat dalam pengembangan desa wisata terus kita tingkatkan mengingat di KLU memiliki 6 desa wisata.”Selamat saya ucapkan kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Senaru yang masuk dalam 50 ADWI Tahun 2021 dan kita jadikan momen ini sebagai pendorong semangat dalam peningkatan pariwisata di daerah khususnya di Senaru.Kegiatan ADWI di Desa Senaru berlangung meriah dengan pertunjukan kesenian khas bayan dan pameran stan UMKM dan lainnya.

(den)foto:den/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial