Optimalkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Jelang MotoGp 2022, Dispar KLU Gelar Rakor

Diskominfo KLU, Pemenang - Aroma kebangkitan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara dengan digelarnya perhelatan 𝙒𝙀𝙧𝙑𝙙 π™Žπ™ͺπ™₯π™šπ™§π™—π™žπ™ π™š (π™’π™Žπ˜½π™†) Mandalika pada tanggal 19 sampai dengan 21 November lalu pupus. Hal ini diungkapkan oleh Raden Santio Wibowo, S.Kom., selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara (Dispar KLU) dalam laporannya pada acara Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dengan Stakeholders Pariwisata yang dilaksanakan di Hotel Amarsvati Desa Malaka Kecamatan Pemenang, Kamis (25/11/2021).
Β 
Berdasarkan informasi yang diterima dari kumpulan pelaku pariwisata di Kabupaten Lombok Utara yang tergabung dalam asosiasi. Raden menyebutkan, jumlah kamar hotel yang terisi saat berlangsungnya event WSBK Mandalika itu hanya sekitar 200 kamar jauh dari jumlah yang telah ditargetkan pemerintah daerah. "Untuk Tiga Gili, yang pasti kami tau itu ada dua hotel di Gili Trawangan terisi itu sekitar 100," jelasnya.
Β 
Melihat hasil itu, Raden mengatakan bahwa Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata KLU akan terus melakukan evaluasi, diantaranya dengan memupuk kembali koordinasi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten serta menyerap ide dan masukan dari para pelaku pariwisata di KLU salah satunya melalui Rakor yang diselenggarakan dinasnya tersebut. "Tahun depan Insyaallah mungkin kalau tidak ada halangan itu di Bulan Maret akan dilaksanakan perhelatan MotoGP, mudah-mudahan itu mengawali sebuah kebangkitan pariwisata kita di NTB khususnya di Lombok Utara," harap Raden.
Β 
Sesuai tema yang diusung pada rakor tersebut yaitu "𝙉𝙀𝙧𝙩𝙝 𝙇𝙀𝙒𝙗𝙀𝙠 π™„π™£π™©π™šπ™œπ™§π™–π™©π™šπ™™ 𝙏𝙀π™ͺπ™§π™žπ™¨π™’ π˜Ώπ™šπ™¨π™©π™žπ™£π™–π™©π™žπ™€π™£", Kabid Pemasaran Pariwisata ini berharap melalui rakor antara pemerintah daerah dengan para stakeholders pariwisata ini dapat menjadikan segala tujuan dan sasaran pemasaran destinasi tercapai secara efektif dan efisien.
Β 
(Yoan)

Wabup Menutup Kegiatan Pendampingan Smart City di KLU

Diskominfo KLU, Tanjung - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan ST, M.Eng., di dampingi Plt. Kadis Diskominfo KLU Hairul Anwar, S.Kom., dan pendamping Smart City Adi Mulyanto menutup Kegiatan Pendampingan Smart City bertempat di Aula Kantor Bupati KLU Kamis (25/11/2021).
Β 
Mengawali Sambutannya Wabup menyampaikan Smart City bukan hanya sekedar teknologi ataupun peralatan yang canggih saat ini, tetapi bagaimana menciptakan Smart People atau masyarakat cerdas yang dibekali ilmu tentang teknologi dan dimanfaatkan dengan tepat guna.
Β 
Wabup yang sering disapa Bang Danny ini juga menyampaikan, dengan adanya bimbingan teknis yang dilakukan oleh Diskominfo, tentu dapat memberikan pembelajaran baru berkaitan dengan ilmu teknologi yang nantinya dapat diterapkan. "Dinas Pariwisata misalnya, bagaimana membranding daerah Lombok Utara dengan menggunakan aplikasi ataupun website bahwa kita punya keindahan alam dan budaya untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Lombok Utara” ungkapnya.
Β 
Lebih jauh Danny juga menyampaikan bahwa pada Bulan Maret nanti, akan dilaksanakan Pagelaran Internasional MotoGp di Sirkuit Mandalika. Tentu ini dapat dijadikan kesempatan untuk mengekspose daerah menggunakan sistem informasi yang menarik. Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Lombok Utara Hairul Anwar, S.Kom., dalam sambutannya menyampaikan, untuk mewujudkan Smart City di Kabupaten Lombok Utara telah dilakukan bimtek secara bertahap, mulai dari bimtek tahap pertama sampai dengan bimtek tahap ke empat.
Β 
Adapun dasar penyelenggaraan Bimtek Smart City ini adalah DPA Diskominfo Tahun Anggaran 2021, Surat Keputusan Bupati Lombok Utara tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Smart City, serta Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara.
Β 
Lebih lanjut, Plt. Kadis Kominfo ini juga memaparkan salah satu tujuan diadakan bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta bimtek terkait dengan Program Smart City yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata prioritas Nasional.
Β 
Mengakhiri sambutannya Hairul Anwar menyampaikan ucapan terimkasih kepada Tim Ahli Mitra Kerja Kementrian Kominfo yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam upaya penyusunan Masterplan Smart City guna mewujudkan Program Smart City di Kabupaten Lombok Utara.
Β 
(Idham)

Bupati KLU Tebar Benur Udang Vaname di Dusun Lempenge

Diskominfo KLU, Gangga - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H., bersama Kelompok Perempuan Pesisir Sistem Kolam Bundar menebar benih (benur) Udang Vaname bertempat di Dusun Lempenge, Desa Rampek,Kamis (25/11/2021).
Β 
Mengawali sambutannya, Bupati mengapresiasi Kadis DKPPP KLU atas inovasinya di sektor perikanan untuk membangkitkan perekonomian di Kabupaten Lombok Utara. Bupati pada kesempatan ini juga menyampaikan "potensi Udang Vename daerah pesisir ini sangat bagus sehingga harus terus dikembangkan, sesuai dengan Visi Presiden yakni ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia masa depan Indonesia ada di laut." ucap Bupati.
Β 
Mengakhiri sambutan, Bupati mengharapkan Program Budidaya Benih Udang Vaname bisa menjadi penyangga perekonomian masyarakat, mengingat potensi kelautan dan perikanan di Lombok Utara sangat bagus. Dalam kesempatan yang sama kadis DKPPP KLU Tresnahadi, SP., menyampaikan kawasan pesisir Dusun Lempenge memiliki potensi pengembangan budidaya Udang Vaname untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat, mengingat nilai ekonomi dari budidaya Udang Vaname cukup tinggi.
Β 
Lanjutnya,Tresnahadi juga mengungkapkan Udang Vaname ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga ekspor ke luar Negeri terutama negara di kawasan Eropa. Kadis DKPPP juga menceritakan budidaya Udang Vaname Kelompok Perempuan Pesisir dimulai dari tahun 2019 dengan Sistem Kolam Bundar dan diberikan bantuan sarana prasarana sebanyak 200 kolam dan dikelola oleh 400 perempuan yang terbagi dalam 10 kelompok.
Β 
Adapun kelompok tersebut tersebar di 3 (tiga) kecamatan, salah satunya di Kecamatan Gangga, yakni Dusun Kerakas 20 kolam untuk 40 anggota dan Dusun Lembah Blora 40 kolam untuk 80 anggota.
Β 
(Idham)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Β  +62-370-6147277
Β  +62-370-6147277
Β  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
Β +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
Β 
Β  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial

Β Β Β Β 

Β 

Β 

Β