Buka Sosialisasi Standarisasi Perizinan, Wabup Lombok Utara Tekankan Kenyamanan Investasi

Diskominfo KLU, Tanjung - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan ST.,M.Eng membuka secara langsung Sosialisasi dan Koordinasi Standarisasi Birokrasi Perizinan PP No. 5 Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) bertempat di Sasak Narmada Tanjung, Kamis (17/02/2022).
 
Dalam kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan ucapan rasa syukur karena bisa bertemu dan berkoordinasi dengan semua OPD dalam rangka sosialisasi standarisasi perizinan di Kabupaten Lombok Utara.
 
"Kita sama-sama berharap pada pertemuan hari ini memiliki komitmen yang sama, dimana proses perizinan di Lombok Utara dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," harapnya.
 
Wabup juga menyampaikan, Lombok Utara sangat kaya akan potensi, baik sektor pariwisata, pertanian dan lainnya, sehingga menarik orang luar untuk berinvestasi. Dalam berinvestasi tentu membutuhkan kepastian hukum, regulasi yang ada dan biaya dalam proses-proses yang dilalui.
 
"Kenyamanan mereka berinvestasi di Lombok Utara tentu menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tanggung jawab Bidang Perizinan," ucap Wabup.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Disnaker PTSP Erwin Rahadi menyampaikan dalam undang-undang menekankan, bahwa penerbitan perizinan berusaha prosesnya harus jelas, mudah, cepat, transparan dan murah biayanya.
 
"UUD sudah memberlakukan seperti itu, sehingga semuanya tersistematis, berbeda dengan dulu, kalau dulu ada diterbitkan nama SIUP (Surat izin Usaha Perdagangan) ada namanya TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) dan banyak yang lain rentetannya, sekarang cukup mengeluarkan NIB (Nomer Induk Berusaha)," ucapnya.
 
Lebih jauh Erwin juga menjelaskan perizinan usaha saat ini sangat simpel, karena semuanya tertuang dalam satu sistem yakni OSS-RBA (Online single submission Risk Based Approach).
 
"Jadi masyarakat kita, kalau mau mengajukan permohonan izin wajib melalui sistem ini. Kemudian kita verifikasi atau kita setujui kegitan usahanya harus melalui sistem ini juga," Kata Erwin.
 
Dengan adanya sistem ini permohonan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya pelaku usaha bisa di pastikan tidak akan terhambat.
 
 
 
(Idham)

Maret 2022, Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung Akan Sesuaikan Tarif

Diskominfo KLU, Tanjung - Tarif air minum pada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Amerta Dayan Gunung Kabupaten Lombok Utara resmi dinaikkan berlaku efektif Maret 2022.

Adapun pemberlakuan penyesuaian tarif baru ini dilaksanakan atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum serta Keputusan Gubernur Nomor 690 - 579 Tahun 2021 Tentang Besaran Tarif Batas Bawah Dan Tarif Batas Atas Air Minum Kabupaten/Kota Se - Nusa Tenggara Barat Tahun 2022.
 
Seperti disampaikan Direktur Utama Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung Firmansyah, ST, saat ditemui diruang kerjanya pada Rabu (09/02/2022) siang kemarin, dirinya memaparkan bahwa dari dokumen keputusan yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi tersebut, proses penarikan tarif air minum ini harus disesuaikan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yaitu sebesar Rp.2.183.883, serta tidak melampaui 4% dari pendapatan masyarakat pelanggan.
 
Untuk Kabupaten Lombok Utara sendiri, Firman menyebut bahwa tarif batas atas Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung ditetapkan maksimal sebesar Rp. 8.375 per-meter kubik (m³). Sedangkan tarif batas bawah mencapai Rp. 4.095 per-meter kubik (m³).
 
"Setiap Kabupaten atau Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat ini tidak boleh menjual lebih murah atau lebih tinggi dari tarif itu karena sudah ditentukan standar harganya," jelas Firman.
 
Menurut Direktur Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung ini sendiri, perubahan tarif air minum ini dinilainya merupakan sesuatu yang lumrah dan wajar, mengingat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, tarif air minum di Kabupaten Lombok Utara tidak pernah mengalami kenaikan sama sekali, bahkan dari 10 Kabupaten/Kota, Kabupaten Lombok Utara adalah kabupaten yang menarik tarif air minum paling rendah.
 
"Daerah lain sudah melakukan perubahan tarif dua hingga tiga kali, kita masih di posisi itu. Jadi wajarlah kita anggap mengingat kebutuhan operasional semakin tinggi," Kata Firman.
 
Lebih jauh, Firman menjelaskan, apabila Kabupaten/Kota menetapkan tarif dibawah pemulihan biaya (Full Cost Recovery) yang ditujukan untuk menutup seluruh kebutuhan operasional perusahaan, maka Bupati/Walikota wajib memberikan subsidi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
 
Namun, melihat kondisi keuangan daerah yang terpuruk akibat Covid-19 sekarang ini, Firman mengungkapkan bahwa Pemda Lombok Utara belum mampu untuk membiayai beban yang di tanggung oleh para pelanggan Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung.
 
Perhitungan rata-rata dari 20.000 pelanggan Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung saat ini, pemakaian air minum untuk golongan rumah tangga paling minim sebanyak 10 m³, jika dikalikan besaran kenaikan saat ini Rp. 1.100, maka beban subsidi per-bulan yang harus ditanggung Pemda adalah sebesar Rp. 220.000.000. Artinya jika diakumulasikan kembali dalam setahun, APBD Lombok Utara akan terkuras sebesar Rp. 2.640.000.000.
 
"Rata-rata masyarakat sih umumnya pakai sekitar 15 - 16 m³, itungannya itu sudah irit, bagaimana dengan yang lain. Tidak mungkin bisa ter-cover akan sangat berat lah," ucapnya.
 
Untuk menindaklanjuti kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi tersebut, Firman menuturkan, bahwa Pemerintah Daerah Lombok Utara telah mengeluarkan Peraturan Bupati Lombok Utara Nomor 58 Tahun 2021 Tentang Tarif Air Minum pada Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung yang meliputi; 1. Penyesuaian Golongan pelanggan pada Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung, 2. Penyesuaian Tarif Air Minum pada Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung.
 
Firman menambahkan, secara khusus Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH meminta agar Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung menghapus atau melakukan pemutihan tunggakan dan beban masyarakat yang masih ditanggung semenjak berdirinya Perumda Air Minum Amerta Dayan Gunung ini.
 
 
(Yoan)
Foto : Kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan di Aula Bupati Lombok Utara, Kamis (10/02/2022).

Menuju "Satu Data", Diskominfo KLU Gelar Bimtek Statistik Sektoral

 

Diskominfo KLU, Tanjung - Data yang akurat sangat penting di dalam sebuah perencanaan pembangunan daerah, kesalahan data tentu akan menghasilkan kebijakan yang salah pula. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara (Diskominfo KLU) Hairul Anwar, S.Kom dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Data Statistik Sektoral lingkup Pemerintah Daerah Lombok Utara yang dilaksanakan di Lesehan Sasak Narmada Tanjung, Rabu (16/02/2022).
 
Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Dinas Kominfo telah diberikan kewenangan sebagai Walidata yang bertugas untuk mengumpulkan, memeriksa kesesuaian Data, dan mengelola Data yang disampaikan oleh Produsen Data sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia. Selain beberapa kewenangan itu, Hairul menambahkan, bahwa tugas Dinas Kominfo sebagai Walidata adalah menyebarluaskan Data, Metadata, Kode Referensi, dan Data Induk serta membantu Pembina Data dalam membina Produsen Data.
 
Untuk mengoptimalkan tata kelola Data sebagai rujukan dalam perumusan perencanaan pembangunan daerah di Lombok Utara sendiri, Hairul mengatakan bahwa kedepan Diskominfo KLU akan melakukan pengelolaan Data secara elektronik dengan mengintegrasikan seluruh OPD sebagai Produsen Data, sehingga Data yang dihasilkan nantinya dapat lebih akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan ketika diakses dan dibagipakaikan kepada instansi ataupun masyarakat luas.
 
"Sekarang ini pengolahan masih manual, nanti kita merencanakan pengolahan data ini secara elektronik sehingga semuanya akan lebih mudah," ungkap Kadis Kominfo KLU.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Persandian dan Statistik (SanTik) pada Dinas Kominfo KLU Sukardin, S.E selaku pelaksana teknis kegiatan menjelaskan, tujuan utama digelarnya Bimtek tersebut adalah untuk memberikan tambahan wawasan kepada penyelenggara pemerintah di masing-masing instansi agar dapat memahami tahapan penyusunan dan penyelenggaraan Statistik melalui pendampingan dari Badan Pusat Statistik (BPS) KLU selaku Pembina Data, sehingga puncaknya, Data yang dihasilkan sesuai dengan prinsip Satu Data, Standar dan Metadata.
 
"Disini kami melibatkan BPS agar data-data yang dihasilkan itu tidak tumpang tindih. Terkadang yang dihasilkan BPS itu berbeda sementara yang dihasilkan oleh perangkat daerah itu juga berbeda," kata Kabid SanTik.
 
Untuk mendukung berjalannya Program Satu Data Indonesia (SDI) yang tertuang dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2019, Sukardin menyebutkan, peserta yang dilibatkan dalam Bimtek Penyusunan Data Statistik Sektoral tersebut telah memenuhi semua unsur penyelenggara di daerah, diantaranya : 1. Pembina data (BPS Kabupaten Lombok Utara); 2. Walidata (Instansi daerah yang bertugas mengelola dan menyebarluaskan data, yaitu Dinas Kominfo KLU); 3. Produsen data (SKPD); 4. Sekretariat Forum Data dan Pengguna Data (Bappeda).
 
Menindaklanjuti Perpres tentang SDI, Kabid SanTik menerangkan bahwa Pemerintah Daerah Lombok Utara melalui Bappeda tengah merancang Perbub terkait KLU Satu Data.
 
"Perbub Satu Data Lombok Utara sedang disusun, drafnya di Bappeda selaku Sekretariat Forum Data," terangnya.
 
 
(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial

    

 

 

 

Situs judi slot gacor deposit pulsa terpercaya di indonesia yaitu daftar panen77 selain itu ada juga login Gudang138 sebagai salah satu agen daftar panen77 dapat dilakukan dengan mudah dan judi slot deposit pulsa. daftar slot online gacor memberikan bonus jackpot terbesar, situs slot gacor. slot online terbaik merupakan permainan di situs Slot Online pragmatic play, daftar slot gacor. Daftar sekarang juga judi slot online indonesia, situs slot gacor hari ini kalian bisa dapatkan infonya melalui situs judi slot online, slot88, sebagai daftar slot gacor yang paling di perca sebagai judi slot online gacor, situs joker123 slot online gacor, sbobet, sebagai agen panen77 sebagai slot deposit pulsa sebagai situs slot online terpercaya indonesia login panen138 link alternatif https://fiesta.flywheelsites.com/slot88.html

situs slot deposit pulsa panen77