Diskominfo Lombok Utara Dorong Admin Pengelola Medsos OPD Lebih Aktif Dalam Publikasi

Diskominfo KLU, Tanjung - Pemerintah Daerah Lombok Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan penguatan media melalui pengoptimalan penggunaan media sosial (Medsos) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertempat di Lesehan Pondok Bangket Desa Jenggala Kecamatan Tanjung, Kamis (08/04/2021).
 
Selain menyasar insan pers di Lombok Utara, pada kegiatan penguatan media tahun 2021 ini, Dinas Kominfo turut menggandeng seluruh Administrator (Admin) pengelola media sosial di seluruh OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara. Seperti disampaikan Ir. Agus Herman selaku Sekretaris Dinas Kominfo Lombok Utara yang mewakili Kepala Dinas, Ia menyebut bahwa media sosial adalah salah satu media yang efektif untuk membangun komunikasi dan interaksi dengan masyarakat dalam rangka menjaring masukan dari berbagai kalangan sehingga menciptakan kearifan orang banyak. "Pemerintah harus mampu memanfaatkan media sosial untuk meraih perhatian dan dukungan khalayak luas serta tidak lagi semata-mata bertahan dengan cara-cara komunikasi yang konvensional," ujarnya.
 
Lebih jauh, Agus Herman mengatakan pemanfaatan media sosial sejalan dengan ketentuan dalam reformasi birokrasi, antara lain pemanfaatan teknologi informasi (E-government), strategi komunikasi, manajemen perubahan (Change Management), manajemen pengetahuan (Knowledge Management), dan penataan tata laksana (Business Process). Di akhir sambutannya, Agus Herman berharap dengan terselenggaranya kegiatan penguatan media itu, seluruh admin mampu menghadirkan manfaat dan dampak positif dari hasil tulisannya terutama dalam mengawal visi-misi maupun program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara agar terekspos dengan baik.
 
Sementara itu, mewakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Publik (PIKP), Iskandar, S.Ip selaku Kasi Kemitraan pada Dinas Kominfo dalam laporannya Ia menyampaikan, maksud dilaksanakanya kegiatan penguatan media tersebut adalah untuk membangun sinergi antara seluruh OPD dalam mengoptimalkan pemanfaatan media sosial di instansi pemerintah.
 
Adapun tujuan utama yang diharapkan dari kegiatan tersebut yaitu, menciptakan keterbukaan informasi, komunikasi yang efektif, serta saling menguntungkan antara instansi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan humas pemerintah sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara. "Apa yang kami laksanakan ini, sejalan dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara yang tetuang dalam RPJMD Kabupaten Lombok Utara tahun 2021-2026, salah satunya yaitu mendorong keterbukaan informasi publik di Kabupaten Lombok Utara," pungkasnya.
 
Dalam pendalaman SDM admin, Dinas Kominfo menggandeng ketua forum wartawan Lombok Utara (FWLU) Datu Danu Putra Dinata S. Sos. I sebagai narasumber yang khusus membahas pengoptimalan penggunaan media sosial sebagai wadah penyebarluasan informasi publik yang efektif.
 
(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial