Iklim Lombok Utara

 

HIDROLOGI DAN KEADAAN IKLIM

         KELEMBABAN UDARA DAN KECEPATAN ANGIN

Kondisi topografi Kabupaten Lombok Utara pada bagian utara menyusur kebagian tengah terdapat gugusan pegunungan dengan hutan lindung yang berfungsi sebagai hidrologi, sedangkan sepanjang pantainya hanya terdapat dataran rendah yang sempit dan terbatas. Pada bagian tengah membentang dari timur ke barat terdapat suatu dataran rendah yang cukup luas yang merupakan suatu daerah pertanian yang subur. Pada wilayah bagian selatan terdapat suatu dataran pebukitan yang hutannya berfungsi sebagai penyangga hidrologi.

Kondisi Iklim dan Curah Hujan berdasarkan data dari lembaga metereologi, suhu udara di Kabupaten Lombok Utara pada tahun 2011 berkisar antara 22,10 C sampai dengan 32,80 C. Suhu minimun sepanjang tahun tercatat terjadi pada bulan Mei sedangkan suhu maksimum tercatat pada bulan Juli dengan kecepatan angin mencapai 6 sampai dengan 10 knot.

   Tabel 2.8

Temperatur , Tekanan Udara dan Kecepatan Angin di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2012

temperatur                                                                                     Sumber Data : Badan Meteorologi dan Geofisika Mataram

 

CURAH HUJAN

 

Hujan umumnya terjadi pada bulan Oktober sampai dengan Desember dengan hari hujan mencapai 1 sampai dengan 23 hari tertinggi di Kecamatan Pemenang mencapai 23 hari hujan pada bulan Nopember sedangkan pada bulan Januari sampai dengan Mei dengan hari hujan mencapai 2 sampai 25 hari tertinggi di Kecamatan Tanjung mencapai 25 hari hujan pada bulan Januari.

                   Tabel 2.9

                             Curah Hujan di Kabupaten Lombok Utara 2012

Curah Hujan                                                                            Sumber Data : Badan Meteorologi dan Geofisika Mataram

 

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial