Geografi

 

Kondisi Geografis Lombok Utara

Kondisi Geografi Daerah

Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota di Propinsi Nusa Tenggara Barat, yang posisinya terletak dibagian utara Pulau Lombok dengan posisi antara 08o 21’ 42” Lintang Selatan dan 116o 09’ 54” Bujur Timur, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara                      :      Laut Jawa

                Sebelah Barat                      :      Selat Lombok dan Kabupaten Lombok Barat

                Sebelah Selatan                  :       Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah

                Sebelah Timur                     :      Kabupaten Lombok Timur

                Kabupaten Lombok Utara beribukota di Tanjung yang sekaligus sebagai pusat Pemerintahan. Kabupaten Lombok Utara mempunyai luas wilayah daratan 809.53 Km2 yang terdiri dari wilayah khusus (hutan lindung, kawasan margasatwa, dll) seluas 361,86 Km2 (44,30%) dan sisanya daratan rata untuk lahan pertanian dll seluas 447,67 Km2 55,30%). Luas wilayah perairan Lombok Utara adalah 594,71 Km2 dengan panjang pantai 127 Km.

                        Secara administrastif Kabupaten Kombok Utara terbagi dalam 5 (lima) Kecamatan, 33 Desa dan 371Dusun, yang mana Kecamatan Bayan memiliki luas wilayah terbesar dengan luas wilayah daratan 329,10 m2 (40,66 %) dan terkecil adalah Kecamatan Pemenang dengan luas wilayah daratan 81,09 Km2 (10,01 %).

 Rincian luas wilayah per kecamatan disajikan pada tabel di bawah ini.

 

Tabel 1.

Luas Daerah Kabupaten Lombok Utara dirinci Menurut Kecamatan

luas daerah

 

Sumber : BPS Provinsi NTB (Lombok Utara Dalam Angka 2008)

Keterangan: * = Datanya masih bergabung dengan kecamatan induk

Luas wilayah perairan hampir sebanding dengan luas wilayah Daratan yang digunakan untuk lahan pertanian, perindustrian, pemukiman, Perikanan tambak, industri, pariwisata, pelabuhan, dll.Ini artinya hampir seluruh kecamatan di Lombok Utara memiliki wilayah lautan yang berpengaruh pada kebijakan penyelenggaraan pemerintahan disetiap kecamatan yang harus meliputi kebikajan pengelolaan wilayah daratan dan wilayah lautan dengan misi yang memuat peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pengelolaan berdasar potensi unggulan diwilayah yang bersangkutan (masing-masing kecamatan).

Tabel 2.

Jumlah Dusun di Kabupaten Lombok Utara dirinci Menurut Kecamatan

jumlah dusun

 

Sumber : Data Primer Kecamatan Tahun 2013

Kondisi topografi Kabupaten Lombok Utara pada bagian utara menyusur kebagian tengah terdapat gugusan pegunungan dengan hutan lindung yang berfungsi sebagai hidrologi, sedangkan sepanjang pantainya hanya terdapat dataran rendah yang sempit dan terbatas. Pada bagian tengah membentang dari timur ke barat terdapat suatu dataran rendah yang cukup luas yang merupakan suatu daerah pertanian yang subur. Pada wilayah bagian selatan terdapat suatu dataran pebukitan yang hutannya berfungsi sebagai penyangga hidrologi.

Adapun jumlah bangunan rumah tempat tinggal di Kabupaten Lombok Utara perkecamatan, paling banyak berada di Kecamatan Bayan yaitu sebanyak 12.191 rumah, sedangkan yang paling sedikit berada di Kecamatan Gangga yaitu sebanyak 10.076 rumah. Perinciannya terdapat pada tabel berikut ini:

Tabel 3.

Jumlah Bangunan Rumah Tempat Tinggal Menurut Kecamatan*)

di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2012

 

jumlah bangunan rumah

 

Sumber Data : Badan Pusat Statistik, 2013

Kabupaten Lombok Utara memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang berada di perairan laut yang secara administratif masuk dalam wilayah   Kabupaten Lombok Utara. Pulau-pulau kecil di Kabupaten Lombok Utara berjumlah 3 gugusan pulau. Nama pulau-pulau kecil dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 4.

Pulau-Pulau Kecil di Kabupaten Lombok Utara

pulau pulau kecil

 

Sumber Data : BAPPEDA KLU, 2013.

 

 

 

 

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial