SEKDA BUKA SOSIALISASI KEARSIPAN

SEKDA BUKA SOSIALISASI KEARSIPANTanjung - Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Lombok Utara menggelar Sosialisasi kearsipan.   Kepala Kantor Arpusda Kabupaten Lombok Utara, Raden Tresnahadi Selasa, mengatakan peserta Sosialisasi berasal dari PNS Dinas Badan Kantor Bagian dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara kegiatan ini berlansung selama dua hari mulai tanggal, 12 s.d 13 juni 2013.

 

“Sasaran pelaksanaan sosialisasi kearsipan ini adalah terciptanya pembinaan yang terpadu dan menyeluruh agar sistem kearsipan yang ada di Kabupaten Lombok Utara, khususnya dapat dilaksanakan atau terwujud disemua unit kerja dalam lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten lombok Utara sehingga arsip-arsip dimaksud dapat diselamatkan dan dapat digunakan sebagai bahan bukti pertanggungjawaban,” katanya.

Tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi itu   adalah memberikan pemahaman konseptual maupun praktis mengenai program kearsipan yang disetiap instansi Itu selain itu sebagai dukungan terciptanya tertib administrasi dan dapat dilaksanakan secara optimal, berdaya guna dan berhasil guna.

Ketua Panitia penyelenggara,Lalu Hamdun SH mengatakan, Aparat pemerintahan harus memahami arti pentingnya arsip, terutama dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan, salah satu maksud dari kegiatan sosialisasi ini tentunya terciptanya penyelenggaraan administrasi pemerintahan daerah sesuai ketentuan berlaku sehingga terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah.

“Yang terkadang luput dari perhatian  adalah masalah arsip statis. Sosialisasi ini tutur dia akan memberikan bekal persiapan penyerahan arsip statis dari instansi pemerintah kepada kantor arsip daerah kabupaten Lombok Utara  untuk dilestarikan. Dengan upaya ini, kita ingin menyelaraskan pemahaman arsip dalam penyelenggaraan kearsipan di pemerintahan daerah menuju Kabupaten lombok Utara yang Maju dan Beradab,” jelasnya.

Drs.H.Suardi,MH, Setda Kab Lombok Utara pada saat mewakili Bupati KLU ketika membuka kegiatan Sosialisasi Kearsipan mengatakan, ada beberapa hal penting yang erkait pelaksanaan kearsipan, dia meminta para aparatur birokrasi tidak memandang sebelah mata sektor ini.

 “Sosialisasi ini patut diberi apresiasi yang tinggi terhadap upaya penyelenggaraan kearsipan yang berkualitas, ini dalam rangka tertib administrasi guna menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa serta menyediakan bahan pertanggungjawaban bagi kegiatan pemerintah,” Katanya.

Peserta sosialisasi harus mampu menjadi pelopor menciptakan publik opini tentang pentingnya arsip dalam proses manajemen pemerintah dan pembangunan, sekurang-kurangnya dilingkungan kerja. “Dari semua aset negara yang ada arsip adalah aset yang paling berharga, ia merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Tingkat keberadaan suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya,pungkasnya. (Zain-Humas).

 

Statistik Pengunjung

0101631
Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Total
11
584
8034
101631

Weblinks

Hubungi Kami

Kantor Bupati Lombok Utara

Jln. Lapangan Supersemar Tanjung,

Phone : +62-370-6147277

Fax     : +62-370-6147277

Admin : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web   : www.lombokutarakab.go.id

social