Bupati Lombok Utara Buka Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Daya Lokal

Bertempat di Aula Hotel Medana Bay Marina diadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasisi Sumberdaya Lokal Tingkat Kabupaten Lombok Utara 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH.,MH, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Utara Ibu Rohani Najmul AKhyar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan. Dan peserta dariseluruh PKK se Kabupaten Lombok Utara.
Selasa(12/09) Bupati mengatakan ”Yang menjadi tantangan saat ini adalah bagaimana melakukan diversifikasi makanan olahan yang berasal dari bahan panganlokal non beras tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang karena untuk menuju hidup sehat, cerdas dan produktif setiap individu haruslah mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang.
Sebab dari kesehatan saja, kalau kita makan makanan tradisonal jauh lebih sehat dari pada memakan panganan yang tercipta secara modern, ini bisa menjadi satu hal yang dapat kita pelajari dari segi kesehatan kita.”katanya.
Lanjut Bupati “Kedepannya dengan adanya lomba seperti ini saya harapkan hasilnya bias diterapkan oleh SKPD-SKPD agar menu-menu ini dapat dijadikan makanan di kantornya masing-masing, sebab dengan lebih mengutamakan jajanan lokal maka akan dapat membantu perekonomian pengrajin makanan ringan di Lombok Utara.
Sebab ini berarti proses pemberdayaan kita benar-benar kita lakukan kepada pengusaha jajanan makanan ringan, sehingga produksi mereka dapat tertampung di SKPD-SKPD yang ada di Lombok Utara ”paparnya.
Diakhir sambutannya Bupati mengatakan“ Mari kita manfaatkan pekarangankita dengan menanam berbagai macam bahan pangan dan saya mengajakkepada seluruh peserta untuk mensosialisasikan penganekaragaman pangan kepada masyarakat sekitar dengan mengembangkan beragam kearifan lokalyang mengedepankan nilai gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh sehingga tercipta keluarga sehat cerdas, dinamis dan produktif, ” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Lombok Utara, Ir. H. Melta mengatakan ‘’saya jelaskan bahwa potensi besar pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang ada di sekeliling kita yang hampir tersedia di seluruh wilayah KLU baik yang terdapat di pekarangan, kebun maupun ladang namun keberadaannya masih dipandang sebelah mata sehingga kurang diberdayakan Semoga dengan lomba ini kedepannya bisa diaplikasikan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memberikan makanan ini kepada keluarga dengan tujuan untuk menambah gizi mereka.
Kegiatan ini di ikutioleh peserta yang berjumlah 15 kelompok yang berasal dari Tim Penggerak PKK di masing-masing kecamatan, dan bagi yang menjadi juara satu padahari ini akan mewakili KLU ketingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. ”katanya.
(Agus_humaspro).

Weblinks

Hubungi Kami

Kantor Bupati Lombok Utara

Jln. Lapangan Supersemar Tanjung,

Phone : +62-370-6147277

Fax     : +62-370-6147277

Admin : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web   : www.lombokutarakab.go.id