Suhadman "Musrenbang Bukan Sekedar Seremonial Tahunan"

Diskominfo KLU, Pemenang - Untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja perangkat daerah (RKPD) yang dihimpun dari Musrenbang Desa sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Pemenang menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun anggaran 2021, bertempat di Aula Kantor Camat Pemenang, Senin (17/02/2020).
 
Musrenbang kecamatan dilaksanakan setelah musrenbang desa, semua itu dilakukan dengan maksud agar koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas pembangunan dapat dilakukan secara optimal, sehingga kebutuhan/aspirasi masyarakat yang tercantum dari proses musrenbang desa dan kecamatan akan mampu menghasilkan output dalam rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara di tahun 2021 nanti.
 
Camat Pemenang Suhadman, S.Sos dalam sambutannya menegaskan bahwa rangkaian musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah daerah baik di tingkat desa, kecamatan ataupun kabupaten bukanlah sekedar seremonial belaka. Hal itu dikatakannya melihat hampir 90% apa yang diusulkan dari tingkat bawah telah terealisasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara. "Kita sudah buktikan secara nyata dan faktual bahwa semua atau 90% apa-apa yang kita usulkan ditingkat desa maupun kecamatan itu sudah banyak terealisasi oleh pemerintah kita" tuturnya.
 
Dicontohkan Suhadman, Pasar Pemenang yang sebelumnya sering mendapat sorotan dari berbagai pihak karena kondisi penataan ruang yang tidak representatif kini pasar tersebut berubah jauh lebih baik dari sebelumnya, meskipun dalam pembiayaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat, tanpa usulan pemerintah daerah semua itu tidak akan terlaksana.
Dari musrenbang RKPD yang telah digelar tersebut, Camat Pemenang berharap agar program real yang diusulkan oleh masyarakat melalui musrenbang desa sebelumnya, mendapat perhatian dari pemerintah di tingkat kabupaten khususnya oleh Bappeda Kabupaten Lombok Utara."Kami memang sangat berharap agar usulan-usulan yang telah kami hasilkan lewat musrenbang kecamatan ini bisa ditindaklanjuti dan direalisasikan oleh pemerintah kabupaten" harapnya.
 
Program prioritas yang diusulkan dari masing-masing desa di Kecamatan Pemenang fokus pada tiga sektor, diantaranya pembangunan fisik, sosial kemasyarakatan serta ekonomi. Dengan mengangkat tema "Membangun Sinergitas Mewujudkan Kabupaten Lombok Utara Bangun Kembali", Suhadman sangat menginginkan agar seluruh OPD bisa mengisi kebutuhan masyarakat sesuai dengan tupoksi masing-masing berdasarkan program yang telah disepakati bersama pada musrenbang kecamatan tersebut.
(Yoan) Photo : Dhandi

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial