Pelatihan Kepemimpinan Transformational, Najmul "Pemimpin Adalah Pelayan"

Diskominfo KLU, Gangga - Bertempat di aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Lombok Utara, puluhan pelaku pengelola pendidikan di Kabupaten Lombok Utara mengikuti kegiatan pelatihan Transformational Leadership yang diselenggarakan oleh Pemda KLU melalui Dinas Dikpora yang bekerjasama dengan Indonesian Overseas Alumni (IOA), Rabu (15/01/2020).

Pelatihan Kepemimpinan Transformasional tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari MoU kerjasama yang telah ditandatangani antara Perkumpulan IOA dengan Dikpora KLU
pada tanggal 26 April 2019 lalu.

Kepala Dinas Dikpora KLU Dr. H. Fauzan, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa suksesnya sebuah sekolah tergantung dari pola leadership dari seorang kepala sekolah itu sendiri, hal itu dikatakannya atas dasar penelitian yang telah dilakukan selama dua Minggu di Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berhasil meningkatkan kualitas pendidikan setelah mengikuti berbagai program pelatihan yang diselenggarakan oleh IOA tersebut.

"di Sumba Timur sudah delapan tahun, itu dampaknya besar, kami sudah dua Minggu pernah keliling disana sekolah-sekolahnya luar biasa" tutur Kadis Dikpora KLU.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Perkumpulan IOA Ibu Tanti Sugiharti Singgih menuturkan bahwa Program pendidikan IOA di Kabupaten Lombok Utara fokus pada kegiatan peningkatan kualitas para pendidik tingkat SD berupa pelatihan, seminar, expert sharing, pembentukan komunitas pembelajar, dan lainnya. Setelah program pelatihan dijalankan, IOA juga mengamati dan mengevaluasi perkembangan setiap kepala sekolah dan guru di setiap sekolah binaannya.

"Setelah pelatihan kepemimpinan ini, kita juga akan adakan pelatihan TOT, fasilitator terbaik akan kita ambil untuk kami didik untuk ikut pelatihan train of the trainers yang nanti akan melanjutkan program ini untuk 1594 guru SD di KLU" jelasnya.

Berbicara tentang Kepemimpinan Transformasional ataupun kepemimpinan pada umumnya, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH sesaat sebelum membuka acara, dalam sambutannya menekankan bahwa kata kunci dalam arti sebuah kepemimpinan suatu kaum atau kelompok, pemimpin adalah pelayan bagi orang-orang yang dipimpinnya.

"Kepemimpinan transformatif bagaimana kita mentransfer ide-ide kita secara cepat kepada orang-orang yang kita pimpin, dalam hal ini tentu adalah karena kita sebagai guru maka yang kita pimpin adalah murid-murid kita" tuturnya

Diakhir sambutannya, H. Najmul Akhyar berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar tetap berjuang di jalur pendidikan karena menurutnya berjuang di jalur pendidikan sangatlah mulia

"yang kita pikirkan yang kita bangun bukanlah batu bata untuk membangun fisik tetapi batu batanya itu adalah generasi kita" tutupnya.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan transformasional bagi pengelola pendidikan tersebut kemudian dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Utara. Menurut agenda, pelatihan tersebut rencananya akan dilangsungkan selama 6 (enam) hari dengan menghadirkan fasilitator Prof. I Gede Raka, Mantan Guru Besar ITB.

(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial