Rencana Pemda KLU Terapkan E-tiketing di Pelabuhan Penyebrangan Tiga Gili

Memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa penyeberangan pelabuhan Tiga Gili telah direncanakan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara sejak beberapa tahun lalu, salah satunya adalah upaya penerapan pelayanan satu pintu (one gate system) melalui elektronik ticketing (e-Ticketing).

One gate system melalui e-tiketing tersebut sengaja diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dengan tujuan untuk meminimalisir permasalahan yang kerap terjadi dilapangan khususnya di Pelabuhan penyebrangan Tiga Gili, sebagai contoh kasus diantaranya retribusi sering tidak dibayar, penagihan pembayaran pengunjung berkali-kali dan tidak satu pintu, pengunjung tidak mengetahui harga, rute dan kondisi alam yang pasti, dan kurangnya kesadaran para pelaku pariwisata dalam memberikan informasi tentang retribusi kepada para tamu (turis).

Adapun sejumlah manfaat one gate system khususnya bagi pengunjung yaitu keamanan lebih terjamin sehingga dapat memberikan rasa nyaman ketika berkunjung, calon pengunjung dapat mengetahui kepastian dan pengumuman tanggal dan jam buka tutup pelabuhan, selain itu pengunjung dapat membayar tiket dengan harga yang pasti.

Untuk Pemerintah Daerah sendiri, penerapan one gate system ini tentunya akan berdampak positif. Dengan pelayanan satu pintu Pemda dapat mengurangi kerugian finansial, akses terhadap data pelabuhan reliable dan sinkron, pencatatan pengunjung dapat dilakukan secara komprehensif dan sistematis, serta pengawasan terhadap semua stakeholder penyebrangan kapal dapat termonitor.

Pada proses bisnis pelabuhan tiga Gili yang masih berjalan saat ini, pengunjung langsung booking tiket di ditempat dengan proses negosiasi harga/tawar-menawar kemudian membayar ke boatman secara tunai, setelah itu boatman membayar retribusi kepada Dishub dan Dispar. Pola lama tersebut akan diubah dengan proses bisnis baru yang lebih efektif dan efisien misalnya pengunjung dapat booking tiket melalui website kemudian pengunjung disambut oleh boatman tanpa ada negosiasi harga, pengunjung berangkat dan diantar kembali ke pelabuhan penyeberangan sesuai booking, setelah itu barulah pengusaha/pemilik kapal membayar retribusi ke daerah secara transfer.

Sistem online booking yang rencananya akan digunakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara adalah Goers. Selain jaminan keamanan data, perawatan sistem Goers dapat dilakukan secara berkala dari jauh maupun langsung ke lapangan. Sistem Goers juga lebih mengutamakan pengalaman kenyamanan pengunjung.

Keuntungan yang diharapkan dari sistem online booking "Goars" di Pelabuhan penyebrangan tiga Gili tersebut diantaranya pengunjung lebih mudah dalam melakukan pesanan (booking), adanya standarisasi pelayanan maupun harga, uang bagi boatman bisa masuk lebih cepat dan pasti, ada manifest penumpang, memiliki diferensiasi pasar.

(Yn)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial