Tingkatkan Perekonomian Sektoral Masyarakat, Bupati KLU Serahkan Bansos untuk WUB

Diskominfo KLU, Gondang - Dalam rangka memperbaiki perekonomian masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara melalui Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan KLU kembali menggulirkan sejumlah bantuan sosial (Bansos) kepada ratusan wirausaha baru yang diserahkan di halaman depan Dinas Perhubungan, Kamis (26/12/2019).

Ikhtiar Pemda KLU untuk menciptakan 10.000 wirausaha baru (WUB) yang terangkum dalam RPJMD dengan anggaran sebesar 30 Miliar tersebut sudah menyasar pada kelompok WUB di berbagai lintas sektor. Berdasarkan laporan data akhir tiap OPD, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran yang sudah di kucurkan Pemerintah Daerah ke masyarakat telah melebihi angka dari target yang sudah di tetapkan.

"Kalau kita konversi atau kita bandingkan dengan rencana kita untuk memberikan 10.000 wirausaha muda baru ini, atau kemudian memberikan angka 30 Miliar untuk 10.000 ini, maka dengan pemberian bantuan berupa barang ini sesungguhnya sudah melampaui dari angka yang kita targetkan tersebut" jelasnya.

"Bahkan tadi saya coba tanya di Dikpora berapa di pertanian berapa, angkanya tinggi sekali, di Dikpora sekitar 28 Miliar itu hanya untuk pemberdayaan kelompok-kelompok pemuda saja dan itu adalah program wirausaha" lanjutnya.

Keinginan baik Pemda KLU untuk memberikan bantuan berupa uang tunai yaitu 3 Juta/wirausaha yang tercatat di RPJMD Kabupaten Lombok Utara pada awal tahun 2015 lalu, terbentur dengan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai, sehingga apa yang di janjikan Pemda KLU sebelum terbitnya Perpres tersebut harus mengikuti ketetapan regulasi yang ada.

"Siapapun yang memiliki keinginan untuk mengembangkan dirinya menjadikan dirinya wirausaha baru maka itu harus kita dukung dari kalangan apapun, sehingga akhirnya kita harus mencari terobosan yaitu memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk barang karena inilah yang dimungkinkan oleh peraturan pemerintah atau peraturan perundang-undangan yang ada" tutur Bupati.

Melalui kesempatan tersebut, H. Najmul Akhyar menerangkan kepada masyarakat atau kelompok penerima bansos yang hadir, bahwa bantuan barang yang diserahkan oleh Pemerintah pada hari itu adalah merupakan wujud realisasi dari pada program yang di rencanakan pada sebelumnya yaitu program pengembangan 10.000 wirausaha muda baru.

Diakhir sambutannya, Bupati Lombok Utara berpesan kepada masyarakat penerima bantuan untuk senantiasa bersyukur, menjaga apa yang diserahkan Pemerintah Daerah tersebut, sehingga kedepan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Dengan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan KLU M. Iwan Maret Asmara, S.Sos, Bupati Lombok Utara kemudian menyerahkan sejumlah bantuan secara simbolis kepada kelompok penerima bansos. Adapun sejumlah bantuan barang yang diserahkan diantaranya jaring, mesin ketinting, bibit ikan panami, jaket, helm, kendaraan operasional roda tiga, kulkas, panci dan lain-lain, sesui dengan kebutuhan kelompok WUB.

(Yoan) Photo : Idham

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial