Bupati Najmul Akhyar Resmikan PAUD Hibah Distric 3420 Rotary NTB

Kayangan, Humaspro Setda KLU - Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH bersama Distric Gubernur (DG) 3420 Rotary NTB Febri meresmikan tiga PAUD di dua Kecamatan yaitu PAUD AISYAH di Dusun Tanak Muat Kecamatan Bayan, PAUD Karya Lotara Dusun Temuan Sari dan PAUD Nurul Huda Dusun Rebakong. Acara peresmian dipusatkan di Dusun Rebakong Kecamatan Kayangan, Jumat (22/11).

Rotary International atau Rotary Club adalah sebuah club yang tersebar di seluruh dunia dan anggotanya dipanggil Rotarian adalah pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan, mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap kegiatan sukarela, serta membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia dengan motto "service above self", yaitu mementingkan kegiatan saling membantu tinimbang kepentingan diri sendiri.

Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar sebelum meresmikan ketiga PAUD menyampaikan perasaan bangga berada bersama dengan pelbagai komponen yang mengikuti acara tersebut. Meskipun musibah menimpa semua lapisan masyarakat tetapi Allah SWT tidak mematikan mimpi bersama. Justru dengan musibah Allah mengganti dengan mimpi yang lebih besar dan hikmahnya luar biasa. Masyarakat Lombok Utara bisa bersilaturahmi dengan saudara-saudaranya yang lain dari berbagai penjuru yang datang ke Lombok Utara.

Bupati lantas menguraikan satu cerita menarik saat kejadian gempa terjadi di wilayah setempat. Dimana pada saat masyarakat masih tinggal di tenda pengungsian dan masih membutuhkan bantuan lalu terjadi gempa di Palu. Warga setempat menyikapinya dengan humanis. Anak-anak SD setempat turun membawa kotak meminta donasi bukan untuk Lombok Utara tetapi untuk Palu. Begitu pula masyarakat di Desa Gumantar mengumpulkan hasil bumi dengan jumlah yang cukup banyak lalu dijual dan semua hasil penjualannya disumbangkan ke Palu. Padahal pada saat itu masyarakat setempat tinggal di tenda pengungsian.

"Kami juga dari pemerintah dan masyarakat lainnya mengumpulkan donasi dengan mendatangkan Kyai Abdullah Bin Bahtiar. Alhamdulillah kita dapat jumlah yang cukup besar dan kami kirim ke palu," ujar Najmul menceritakan.

Disintesiskan alumnus Unibraw Malang ini, itulah cara pemda dan masyarakat bumi Tioq Tata Tunaq belajar mengetuk pintu Allah di langit sehingga Allah ridho membuka pintu kemurahan-Nya di bumi. Salah satu pintu Allah itu, sambungnya, dengan datangnya para filantropi dari rotary club memberikan bantuan.

"Saya terinspirasi saat bom Nagasaki dan Hiroshima yang paling pertama ditanya itu adalah berapa guru yang masih tersisa," tuturnya.

Ia lantas meminta kepala Dinas Dikpora untuk mencari guru-guru ke pengungsian sehingga jeda anak-anak tidak sekolah hanya dua pekan. Setelah itu mereka bisa belajar di tenda-tenda dan di mana pun, dengan siapa saja guru-guru yang ada, serta tidak membedakan SD atau SMP.

"Itulah cara-cara yang kami tempuh dalam memperhatikan dunia pendidikan. Tidak boleh ada kegiatan belajar yang berhenti. Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Rotary Club, adik-adik dari internasional school dan semua yang hadir di sini," tutup Doktor Ilmu Hukum ini.

Dalam pada itu, Distric Gubernur (GD) Rotary NTB Febri menyampaikan syukur yang mendalam lantaran Rotary Club sudah bekerja sama khusus di bidang pendididkan. Presiden Rotary Indonesia Ace Robinson mendapat penghargaan dari Rotary Internasional dan PBB sebagai Srikandi A People Action, orang yang peduli terhadap penggungsi di Lombok seraya berharap kehadiran pihaknya di KLU bisa memberikan manfaat untuk semua lapisan masyarakat.

Menurut Febri, organisasi Rotary adalah organisari tertua di dunia yang bekerja sama di bidang pendidikan dengan 6 fokus kerja yang semuanya berorientasi untuk kesejahteraan masyarakat. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan masyarakat KLU yang telah bekerjasama dan menerima Rotary Club dengan terbuka. Ke depan diharapkan kerjasama tersebut dapat terus berlanjut secara kontinyu.

"Atas nama Distric 3420 Rotary Indonesia saya mengucapkan terima kasih atas semuanya. Di sini kami belajar ketegaran, Insya Allah Rotary akan selalu siap," ungkapnya mengakhiri sambutan.

Peresmian ketiga PAUD tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati dan Distrik Gubernur (DG) 3420 Rotary.

(sta/humaspro) foto: den/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial