Sekda KLU dan Pimred Harian Kompas Resmikan Gedung SDN 2 Malaka

Pemenang, Humaspro Setda KLU - Bentuk kepedulian pembaca harian Kompas terhadap pendidikan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) melalui Yayasan Dana Kemanusian Kompas (YDKK) membangun gedung SDN 2 Malaka. Peresmian dan penyerahterimaannya dilakukan oleh Bupati Lombok Utara yang diwakili Sekretaris Daerah KLU Drs. H. Suardi, MH didampingi Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy, Kamis (14/11).

Sekretaris Daerah H. Suardi mengawali sambutan mengatakan, pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat Pemenang menyampaikan selamat datang di KLU kepada pemimpin redaksi Harian Kompas ibu Ninuk Mardiana Pambudy dan ketua YDKK beserta jajarannya, di mana gedung SDN 2 Malaka yang diresmikan tersebut dibangun dari bantuan YDKK. Bentuk komitmen pembaca Kompas dan semua pihak dalam mencerdaskan bangsa untuk melahirkan generasi bangsa yang cerdas, bermoral dan taat pada pelbagai aturan yang berlaku.

Dikatakan Suardi, wujud peningkatan kualitas pelayanan kepada peserta didik diantaranya meningkatkan kualitas belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya saing sumber daya manusia. Sekolah setempat tentunya menjadi dambaan bagi semua pihak untuk menempa dan mencetak anak didik yang bermutu, unggul dan berdaya saing ke depan dengan tetap memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik.

“Kami informasikan, Pemda KLU juga telah menjalin kemitraan dengan inovasi. Alhmamdulillah telah memberi andil nyata dalam peningkatan proses dan output pendidikan di daerah ini. SDN 2 Malaka ini menjadi salah satu sekolah dampingan inovasi. Program inovasi adalah program kemitraan yang penting antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia,” terangnya.

Pada kesempatan itu, H. Suardi berpesan diresmikannya gedung SDN 2 Malaka itu dapat digunakan secara maksimal untuk meningkatkan prestasi peserta didik, lokus maupun sarana pengembangan kreativitas anak dan potensi diri siswa serta pihak sekolah secara keseluruhan.

Di samping itu, sekda yang dikenal murah senyum ini mengajak semua pihak untuk menjaga dan memelihara gedung sekolah tersebut dengan sebaik-baiknya agar bisa memberikan nilai manfaat yang sebesar-besarnya. Hal ini lantaran pembangunan gedung SDN 2 Malaka itu tak terlepas dari dukungan berbagai pihak, moral maupun pemikiran.

"Semoga amal bapak-ibu sekalian akan mendapatkan balasan yang tiada putus dari Allah SWT seiring kemanfaatan sekolah ini,” harapnya.

Mengakhiri sambutannya Sekda Suardi menutupnya dengan pantun motivasi bagi dewan guru, siswa-siswi dan segenap warga SDN 2 Malaka:

"Memetik buah ambillah galah Jolok ke atas dengan sejajar Berdiri megah gedung SDN 2 Malaka Tambahlah semangat dalam belajar".

"Sungguh manis buah papaya Berbuah lebat siapa yang punya Sekian sambutan dari saya Terima kasih atas perhatiannya".

Sementara mewakili pembaca harian Kompas, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy meluahkan perasaan senangnya melihat siswa-siswi SDN 2 Malaka yang ceria dan tetap semangat dalam belajar.

"Saya merasa senang melihat anak-anak di sini tetap semangat walupun selama ini sekolah mereka rusak. Pagi ini saya mendapat tugas untuk menyerahkan bantuan sekolah ini dari pembaca harian kompas", ucapnya.

Ninuk menceritakan, ketika gempa terjadi dan melanda Lombok, para pembaca harian Kompas menyumbangkan dana untuk kemudian disalurkan ke SDN 2 Malaka ini. Sebelumnya kami juga sudah membangunkan puskesmas di Pemenang dan telah digunakan sejak bulan juni lalu. Kami juga telah mendirikan sekolah negeri di Lombok Barat dan Lombok Timur. Jadi, kami sudah mendirikan 3 Sekolah Dasar dan satu puskesmas," papar Ninuk dihadapan Sekda KLU.

Pihaknya mengakui mendapat informasi dari Sekda KLU bahwa lebih dari 200 unit sekolah rusak dan belum terbangun khususnya di KLU. Namun demikian, saat ini pihak Kompas hanya mampu membantu 4 unit bangunan saja sembari berharap adanya filantropi lain yang bersedia membantu.

"Pesan kami mohon sekolah ini dipelihara karena kita tidak mengenal siapa yang membantu tetapi mereka bersedia menyumbang dengan harapan supaya muncul pemimpin-pemimpin masa depan dari sekolah ini," tutup Pimred Harian Kompas tersebut.

Rangkaian acara dilanjutkan peresmian SDN 2 Malaka ditandai penandatanganan prasasti oleh Sekda Drs. H. Suardi, MH dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy. Kemudian pemberian plakat dan ucapan terima kasih dari Pemda KLU kepada Kompas serta pengguntingan pita oleh Sekda dan Pimred Harian Kompas disaksikan hadirin.

(sta/humaspro) foto: den/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial