Bagian APP Gelar Bimtek Aplikasi Pelaporan Pembangunan

Tanjung, Humaspro Setda KLU- Bertempat di aula Kantor Bupati Lombok Utara, Asisten Ekonomi dan APP Setda Kabupaten Lombok Utara (KLU) Ir. Hermanto membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Pelaporan Pembangunan Kabupaten Lombok Utara (KLU) dengan peserta seluruh pejabat pembuat laporan pada semua OPD di KLU baik dinas, badan, kantor dan kecamatan, Selasa (22/10).

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya pejabat dari Biro Pembangunan Provinsi NTB antara lain Kabag Administrasi Pembangunan Silaturrahmi, SP. MT, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Ir. Wahyu Kusno Ali S, MT, Penyaji Data Bina APP Setda Provinsi NTB Yek Ali, S.Adm, dan LPBJP Setda Propinsi NTB, Suriah S.Sos., Kabag Administrasi Pengendalian Pembangunan Setda KLU Lalu Majmuk, S.Sos, Kasubag LPSE APP Setda KLU Baiq Dewi Trisnawati, S.T, Kasubag Pembinaan dan Advokasi PBJ.

Penyelenggara kegiatan Lalu Majemuk, S.Sos melaporkan, kegiatan tersebut teraksana berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 tahun 2015 tentang Tim dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Secara teknis kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan rencana kegiatan pada DPA Bagian APP Setda KLU.

Disampaikannya, tujuan dilaksanakannya Bimtek tersebut adalah mempercepat laporan realisasi anggaran pada masing-masing OPD untuk bahan pimpinan mengetahui perkembangan pembangunan. Melalui aplikasi ini dapat memberikan laporan realisasi anggaran kepada Kementrian Sekretaris Negara. Majemuk menuturkan, pada tahun 2014 KLU mendapat predikat juara terbaik satu kategori keberhasilan laporan realisasi anggaran se-Indonesia seraya berharap petugas entri data pada setiap OPD agar lebih mengerti data SP2D yang terealisasi.

Disampaikan juga bahwa, proses pembangunan Dermaga Gili Meno terus dimonev dari bagian pembangunan dipimpin asisten 2. Sehubungan dengan hal itu, ia mengharapkan TEPRA dapat menjadi alat guna mempercepat penyerapan anggaran ldan memastikan APBN/APBD agar tepat sasaran sesuai dengan perencanaan tertuang dalam dokumen perencanaan pembangunan Nasional. Selain itu, TEPRA diharapkan dapat meminimalisir masalah dan hambatan penyerapan anggaran pemerintah daerah.

"Perlu adanya pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang pengelolaan data TEPRA dan e-monev, sehingga penyerapan anggaran sesuai dengan perencanaan pembangunan nasional," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Asisten Ekonomi dan APP Ir. Hermanto memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut guna mendorong percepatan realisasi fisik pelabuhan sembari mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan bimtek aplikasi pelaporan pembangunan dengan penuh semangat labtaran bimtek tersebut sebagai dasar memberikan laporan realisasi anggaran setiap OPD. Melalui laporan itu dapat dilihat realisasi fisik dan anggaran pada monitor aplikasi e-monev/TEPRA seperti pada tahun 2018. Namun dikarenakan musibah gempa bumi meluluhlantahkan bangunan dan perangkat aplikasi sehingga semua menjadi berhenti.

Pihalnya berjanji laporan realisasi anggaran tahun 2020 dapat dilihat kembali pada layar monitor yang ditempatkan di tempat strategis seperti ruang kerja Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan pintu masuk.

"Aplikasi ini sebagai alat kontrol bagi pimpinan kepada OPD untuk meningkatkan capaian realisasi anggarannya," tutur Hermanto

Di samping memonitoring pelabuhan Gili Meno, aplikasi e-monev/TEPRA juga memonitoring trotoar jalan lingkar di Gili Air serta bangunan-bangunan fisik dari Dinas PUPR, Dikpora, Perindag, Dinas Kesehatan dan OPD lainnya.

Kemudian, kegiatan diisi dengan penyampaian materi bimtek secara berurutan oleh pihak Biro Adimistrasi Pembangunan Setda Provinsi NTB.

(wld/humaspro), foto: wld/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial