Massey University Gelar Diskusi Dengan Pengelola Seedling House KLU

Diskominfo KLU, Kayangan - East Indonesia Innovative Farming Systems & Capability for Agribusiness Activity (IFSCA) atau Inovasi Sistem Pertanian dan Kemampuan untuk Kegiatan Agribisnis Indonesia Timur merupakan program kerjasama Unram dengan Massey University – New Zealand dan Pemda KLU yang bertujuan untuk mengembangkan hortikultura (sayur dan buah) untuk mendukung kegiatan pariwisata di Kabupaten Lombok Utara yang bermuara pada peningkatan pendapatan petani.

Bertempat di Desa Pendua – Kayangan, Massey University – New Zealand dan Pemda KLU menggelar diskusi dengan pengelola Seedling House dan Kelompok Tani Horseka yang ada di Dusun Lokok Bata, Minggu, (13/10).

Ada tiga hal yang diharapkan dari diskusi yang digelar tersebut yaitu proses replikasi best practise IFSCA oleh dinas terkait penting untuk segera dimulai sehingga cakupan areal pengembangan hortikultra bisa diperluas dalam skala yang lebih besar.

Dukungan permodalan yang cukup bagi Asosiasi Petani Hortikultura Lombok Utara (APHOLOTARA) untuk kegiatan pemasaran produk. Bila memungkinkan disediakan dana sebagai penjamin yang di tempatkan pada Bank dan pihak Bank menyalurkan pinjaman lunak kepada Asosiasi Petani Hortikultura Lombok Utara (APHOLOTARA).

Dukungan penyiapan bak penampungan air, jaringan irigasi tertutup dan tehnologi pengairan tanaman yang sederhana, efektif dan efesien.

Kendatipun sejumlah hal sudah bisa dicapai selama 4 tahun implementasi program, namun yang masih menjadi tantangan yang perlu mendapat dukungan sejumlah elemen diantaranya yaitu sejumlah lokasi terjadi kesulitan air untuk melakukan kegiatan karena debit yang semakin kecil, saluran irigasi belum pulih dan sumber air tertimbun dengan longsoran paska bencana.

Modal Asosiasi Petani Hortikultura Lombok Utara (APHOLOTARA) masih sangat minim serta pangsa pasar terutama perhotelan menerapkan sistim tunda bayar satu bulan kemudian pengaturan jadwal tanam masih menjadi perhatian untuk menjawab kesinambungan produk.

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial