Pemda KLU Tandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sertifikat Elektronik Dengan BSSN

Diskominfo KLU, Depok – Pentingnya akselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi di seluruh instansi pemerintah, Pemda Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KLU terus berupaya melakukan terobosan-terobosan baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satu yang akan segera dijalankan yaitu penerapan sertifikat elektronik pada sistem Pemerintahan di Kabupaten Lombok Utara.

Bertempat di Lantai 7 Gedung Utama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kamis (03/10/19) kemarin, Kepala Dinas Kominfo KLU bersama empat Kepala Dinas Kominfo dari daerah Kabupaten/Kota lain melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait Pemanfaatan Sertifikat Elektronik di masing-masing daerah.

Dalam sambutan tertulis Sekretaris Utama BSSN yang dibacakan oleh Karo Hukum dan Humas BSSN ia menyampaikan bahwa “Sertifikat Elektronik memberikan jaminan otentikasi data karena sertifikat elektronik dapat menunjukkan langsung pemilik dari sertifikat di dalam suatu dokumen, kemudian integritas karena pada sertifikat elektronik menjamin keutuhan data dengan melihat apakah ada suatu perubahan di dalam dokumen yang telah ditandatangani, dan anti penyangkalan karena dapat langsung dibuktikan waktu penandatanganan serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu keutuhan data”.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara H. Muhammad, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BSSN maupun Balai Sertifikat Elektonik yang telah ikut membantu memberikan arahan terkait pengembangan aplikasi Bank Data yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan penandatanganan PKS tersebut.

Lebih lanjut Kadis Kominfo KLU menyampaikan bahwa setelah penandatanganan PKS itu maka langkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dan inventarisasi terhadap kebutuhan masing-masing OPD yang ada di Kabupaten Lombok Utara agar bisa segera diterbitkan Sertifikat Elektroniknya. "kami menargetkan agar Pimpinan Daerah maupun Pimpinan DPRD termasuk seluruh pejabat struktural dan Bendahara Pengeluaran serta Bendahara Barang bisa diterbitkan Sertifikat Elektroniknya" tutur H. Muhammad.

Kadis Kominfo menambahkan dengan diterbitkannya Sertifikat Elektronik ini nantinya diharapkan dapat memberikan dampak peningkatan kualitas pelayanan publik.

Untuk diketahui bersama bahwa tujuan dari penerapan Sertifikat Elektonik ini adalah untuk mendukung dan memberikan pengamanan atas tanda tangan elektronik, sebagaimana diamanatkan oleh UU ITE dan Peraturan Pemerintah 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik terutama pasal 41 menyatakan bahwa penyelenggaraan transaksi elektronik dalam lingkup publik atau privat yang menggunakan sistem elektonik untuk kepentingan pelayanan publik wajib menggunakan Sertifikat Keandalan dan/atau Sertifikat Elektronik, kemudian pasal 59 ayat (1) tentang Penyelenggaran Sistem Elektronik untuk Pelayanan Publik wajib memiliki Sertifikat Elektronik.

(DM)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial