Pemda KLU Silaturahmi Bersama Dandim 1606/Lobar dan Kejari Mataram

Tanjung, Humaspro Setda KLU - Untuk memperat hubungan kemitraan antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengadakan silahturahmi temu kenal dengan Dandim 1606 Lobar Kolonel CZI Efrijon Krol dan Kepala Kejaksaan Negeri Mataram yang baru Drs. Yusup, SH, bertempat di Aula Bupati Lombok Utara, Rabu (25/9).

Hadir juga pada kesempatan itu Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.IK, MH, Kepala OPD dan Camat lingkup Pemda KLU, Ketua GOW Nani Tri Cahyani Sarifudin, SE, Ketua Darma Wanita Hj. Laely Suardi serta tamu undangan lainnya.

Bupati Lombok Utara Dr.H.Najmul Akhyar, SH,MH mengawali sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Dandim 1606 Lobar dan Kajari Mataram seraya menjabarkan kronologis tragedi gempa bumi tahun lalu yang menelan korban meninggal 471 jiwa dan 75.636 rumah warga rusak, sampai hari ini baru terealisasi siap huni 35.636 unit.

Lebih lanjut diuraikan Najmul, untuk mempercepat proses pemulihan di Lombok Utara pihaknya sangat mengharapkan acara silaturrahmi tersebut sehingga keberadaan 2 unsur Forkopimda yang baru bisa memberikan semangat baru bagi pemerintah dan masyarakat KLU.

"Acara ini sangat kami harapkan sehingga keberadaan yang baru akan memberikan semangat baru pada kami. Kemarin kami baru menandatangani naskah penyerahan hibah daerah dari Lombok Utara kepada Danrem 162/WB, tentu ingin secepatnya Mako Kodim itu bisa kita dirikan. Persis seperti sekarang ini kita sudah memiliki Mako Polres Lombok Utara. Sehingga dalam waktu dekat kita juga memiliki Kodim Lombok Utara," papar Najmul langsung disambut Aplous hadirin.

Demikian juga dengan Kejaksaan Negeri sambung kepala daerah inovatif itu, Pemda KLU juga telah menyiapkan lahan apabila sewaktu-waktu Kajari Mataram dimekarkan dan kemudian terbentuk di KLU. Bupati melihat tidak adanya kesamaan Lombok Barat dan Kota Mataram dalam perspektif geografis, sehingga tidak mudah bagi Lombok Utara untuk langsung ke Mataram dan Lombok Barat.

"Jika dalam masa bakti bapak-bapak nanti apa yang kita harapkan bisa tercapai ini merupakan sejarah bagi bapak-bapak karena pada masa kepemimpinan bapak hal itu dapat terwujud," ucap Sekjen Apkasi itu.

Diakhir sambutannya Najmul Akhyar menyampaikan Dandim dan Kajari yang baru betah berkarya di KLU. Pada saatnya diharapkan seluruh tugas yang dijalankan akan bisa dilakukan dalam nuansa kebersamaan dan persaudaraan yang kuat.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1606 Lobar Kolonel CZI Efrijon Krol usai memperkenalkan diri menceritakan pada saat terjadi gempa bumi di Lombok ia monitor langsung dari Jakarta. Begitu pun saat tsunami terjadi di Palu dimana pada waktu itu situasi masih dalam masa tanggap darurat. Situasi demikian sedikit banyak merasakan apa yang dirasakan masyarakat Lombok Utara pasca kejadian gempa bumi 2018.

"Saya sedikit banyak bisa merasakan kira-kira di sini pun sama kondisinya setelah terjadi bencana," tutur pria kelahiran Sumatera Barat ini.

Ditambahkan lulusan Akmil 1995 ini, sehari sebelumnya ia dan jajaran Kodim 1602/Lombok Barat bersama Bupati Lombok Utara telah menyerahkan secara simbolis kunci rumah siap huni kepada masyarakat pemanfaat dari beberapa kecamatan sejumlah 35 ribu unit.

"Alhamdulillah, kemarin kami dan jajaran bersama bapak Bupati sudah menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada masyarakat mewakili beberapa Kecamatan seperti yang disampaikan bapak Bupati sekitar 35 ribu unit yang sudah terealisasi dan siap huni," tutur Kolonel CZI Efrijon.

Dalam kesempatan itu, Dandim 1606/Lobar tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda KLU atas telah ditandatangani perjanjian hibah daerah dengan Korem 162/Wira Bhakti.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati yang sudah melaksanakan perjanjian hibah daerah kepada Danrem. Mudah-mudahan tahun depan sudah siap tahap pembangunan Mako Kodim Lombok Utara," tutupnya.

Dalam pada itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mataram Drs. Yusup, SH diawal sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Lombok Utara beserta jajaran Pemda KLU yang telah melaksanakan acara sulaturrahmi tersebut.

"Terima kasih kepada bapak Bupati dan jajarannya yang telah bersedia menggelar acara silahturahmi ini. Saya siap dan akan melakukan yang terbaik untuk Kabupaten Lombok Utara" janji Kajari baru ini.

Lebih lanjut ia mengharapkan KLU dapat segera pulih seperti sediakala di samping mengharapkan Bupati Lombok Utara bisa menerima dan bekerja sama dengan Kepala Kejaksaan negeri yang baru.

"Mudah-mudahan KLU akan segera pulih seperti sediakala. Kami berharap bapak Bupati Lombok Utara bisa menerima dan bekerjasama dengan Kajari yang baru. Saya mohon bapak Bupati Lombok Utara menerima kami dan bisa bekerja sama dengan baik," harap Yusuf.

Rangkaian silaturrahmi diakhiri dengan ucapan selamat bertugas kepada Dandim dan Kejari oleh hadirin undangan yang hadir.

(sta/humaspro)  foto: den/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial