Dinas Sosial KLU Gelar FGD pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB)

Diskominfo KLU, Tanjung - Untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga untuk menghadapi kerawanan kerentanan resiko bencana di Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Daerah yaitu Dinas Sosial PP PA KLU mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama OPD terkait untuk membahas kesiapan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) khususnya di Kecamatan Kayangan yang digelar di ruang Kepala Dinas Sosial PP PA, Kamis (12/09/2019).

Dalam FGD tersebut, Kepala Dinas Sosial PP PA KLU Drs. H. Faisol menyampaikan bahwa program KSB pada dasarnya adalah merupakan kegiatan untuk kesiapsiagaan berkaitan dengan mitigasi bencana terutama pada daerah yang memang memiliki potensi rawan bencana sehingga resiko munculnya korban jiwa bisa lebih ditekan.

Terkait dengan pembentukan Kampung Siaga Bencana tersebut, Dinas Sosial rencananya akan memberikan pelatihan terhadap 60 peserta dari unsur masyarakat dengan tujuan untuk membentuk masyarakat yang berdaya dan lebih siap sebagai subjek maupun objek pembangunan, karena masyarakat akan ditempatkan sebagai pihak pertama dan utama dalam penanggulangan bencana sebelum datangnya batuan lain.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, H. Faisol berharap agar penanganan terhadap bencana bisa lebih baik lagi, tiap OPD bisa mengambil peran langsung apabila terjadi bencana sewaktu-waktu sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan SOP yang rencananya akan dibuat dalam sekala lebih besar yang akan disusun secara bersama-sama dengan mengikuti acuan yang ada dari BPBD sebagai leading sektor utama.

"Untuk tahun ini kami akan menentukan empat titik Kampung Siaga Bencana yang tersebar di tiap kecamatan yaitu Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, untuk Bayan akan dilaksanakan pada APBD 2020" jelas H. Faisol.

(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial