Sebagai Komoditi Unggulan, Kakao Lombok Utara Jadi Penyangga Coklat Nasional

Diskominfo KLU, Gangga - Upaya Pemerintah Daerah dalam rangka mendukung percepatan, inovasi dan nilai tambah kakau di Kabupaten Lombok Utara, Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH meminta kepada seluruh OPD terkait untuk selalu bekerja sama dalam mendorong peningkatan produksi coklat agar perekonomian lokal dapat berkembang terutama untuk para petani kakau yang ada di Dusun Senara Desa Genggelang Kecamatan Gangga.

Sebagai bentuk dukungan tersebut Senin (02/09) kemarin, Bupati Lombok Utara telah meletakkan batu pertama pembangunan rumah produksi dari Kementerian Desa melalui DP2KBPMD KLU senilai Rp. 125.345.000. Hal itu berbanding lurus dengan status yang ditujukan oleh Pemerintah Provinsi NTB yang menempatkan Kabupaten Lombok Utara sebagai penyangga kebutuhan kakao tingkat nasional.

"Komoditi unggulan ini tentu tidak akan begitu banyak artinya kalau kita tidak upayakan untuk dikembangkan" Kata Bupati dalam sambutannya.

Sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah daerah begitu juga dengan Kementerian Desa, bahwa bagaimana hasil-hasil komoditas unggulan yang dimiliki oleh suatu daerah harus memiliki nilai tambah. Seperti apa yang sering di gaungkan juga oleh Bupati Lombok Utara di setiap acara, berharap agar selalu ada percepatan, inovasi, dan nilai tambah dalam menciptakan suatu produk.

"Coklat yang ada ini, kalau dulu hanya mungkin kita jual gelondongan saja atau kita jual bijinya saja, proses yang paling tinggi kita lakukan adalah menjemur lalu menjual, nah sekarang ini dengan adanya rumah produksi ini harapan kita tentunya tidak sekedar kita jemur saja, tetapi ada proses produksi yang akan bisa melahirkan nilai tambah untuk komoditas kita ini" Harap Bupati.

Selain inovasi, H. Najmul Akhyar juga memaparkan bahwa penguasaan teknologi juga sangat penting untuk pengembangan ekonomi suatu daerah. "Apabila kita tidak menguasai teknologi ini, maka kita tidak hanya tertinggal, tetapi dengan kita tidak menguasai teknologi ini, kita mempercepat ketertinggalan kita" tutur Bupati.

Najmul Akhyar optimis dan yakin bahwa rumah produksi kakao yang ada di senara tersebut akan berkembang lebih cepat apabila di kerjakan secara bersama-sama baik antara masyarakat maupun dengan pemerintah daerah khususnya OPD terkait. Apabila Kelompok tani kakao tersebut belum menguasai dua hal penting yang telah dipaparkan oleh Bupati itu, maka pemerintah daerah siap mendukung dalam rangka pengembangan inovasi dan penguasaan teknologi tersebut.

(Yoan)

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial