Mengatasi Kejahatan SIBER, DISKOMINFO KLU Gelar RAKOR Bidang SIBER

Diskominfo KLU, Mataram - Maraknya kejahatan siber seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Utara menggelar Rapat Koordinasi Bidang Siber dalam mengantisipasi kejahatan siber, pencurian informasi, hoax, dan konten negatif di internet yang bertempat di Hotel Lombok Astoria Mataram, Rabu (10/04).

Turut hadir dalam Rakor Bidang Siber tersebut yaitu Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., Asisten I Setda KLU Kawit Sasmita, SH., Kepala Diskominfotik Provinsi NTB Drs. Tri Budi Prayitno M.Si, Kepala Diskominfo Kabupaten Lombok Utara H. Muhammad, S.Pd., Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.I.K., M.H., Dandim 1606 Letkol Czi Djoko Rahmanto, SE., dan beberapa Kepala OPD terkait di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.

Dalam laporan Kepala Diskominfo KLU selaku penanggungjawab acara, H. Muhammad, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan digelarnya rakor siber tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dengan instansi terkait dalam membuat kebijakan untuk mewujudkan siber yang aman dari pencurian informasi, hoax, dan konten negatif di internet.

Lanjut, H. Muhammad mengungkapkan bahwa angka penyebaran berita hoax di Provinsi Nusa Tenggara Barat cukup tinggi dalam sekala nasional, dimana penyumbang berita hoax di NTB paling banyak adalah dari Kabupaten Lombok Utara.

"Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat, ternyata NTB ini juga penyumbang berita hoax yang luar biasa juga jumlahnya, termasuk penyumbangnya di Nusa Tenggara Barat ini adalah Lombok Utara" Ungkap Kadis Kominfo KLU.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa konten-konten negatif dalam penggunaan internet saat ini sangatlah berbahaya, dimana banyak masyarakat bisa saling membuli, menghina, mencaci bahkan juga menjatuhkan orang kemudian membuka aib seseorang setiap harinya.

"Kita ingin Lombok Utara itu tidak menjadi ajang saling menghina, saling menjatuhkan, saling merendahkan lewat Facebook atau media-media sosial lainnya" harap Bupati.

Bupati juga menambahkan, di dunia maya masyarakat saling menjatuhkan, namun masyarakat tidak boleh menganggap bahwa itu tidak akan berpengaruh dalam dunia nyata, karena dari hal tersebut banyak masyarakat yang terprovokasi sehingga terjadi perpecahan ditengah masyarakat.

Diakhir sambutannya, Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH mengajak seluruh pejabat yang hadir untuk bersama-sama mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat kepada masyarakat dan juga ikut memerangi berita hoax, fitnah, penghinaan dan berita-berita saling merendahkan di media sosial sehingga tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan.

Acara Rakor Bidang Siber kemudian dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Utara kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama.

(Yoan) Photo : Idham

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial