Bupati Lombok Utara Buka Rakor Pariwisata Lombok Utara

Diskominfo KLU, Mataram - Dalam rangka percepatan normalisasi industri pariwisata di Lombok Utara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Utara menggelar rapat koordinasi di aula Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Kamis (14/03/2019).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto, S.IP., Wakapolres Lombok Utara, Kepala Disbudpar Kabupaten Lombok Utara Vidi Eka Kusuma, S.IP. M.Si., Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan, International Labour Organization, dan Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.

Kepala Disbudpar Kabupaten Lombok Utara Vidi Eka Kusuma, S.IP. M.Si sebagai ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa latarbelakang diselenggarakannya Rakor Pariwisata tersebut adalah untuk percepatan normalisasi industri pariwisata di Lombok Utara, sebagaimana diketahui bahwa kunjungan wisatawan asing maupun domestik mengalami penurunan sebesar 40,27%.

Untuk kedepan, Kepala Disbudpar Lombok Utara berharap dengan terselenggaranya kegiatan rapat koordinasi pariwisata Kabupaten Lombok Utara itu, promosi pariwisata dapat lebih ditingkatkan lagi baik pariwisata di daerah NTB pada umumnya maupun pariwisata Lombok Utara pada khususnya.

"Diharapkan kepada masing-masing hotel mempunyai binaan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara" Harap Viki.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat koordinasi pariwisata sangat penting untuk dilakukan untuk menyatukan ikhtiar, memadukan dan memajukan program-program yang ada dalam mendukung percepatan normalisasi industri pariwisata di Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara menjelaskan, sebagai destinasi wisata dunia, tentunya pariwisata harus menjadi leading sektor dalam pembangunan di Lombok Utara, karena sektor pariwisata adalah merupakan sektor yang bisa mempengaruhi sektor pendukung lainnya.

"Pariwisata tidak bisa dikelola sendiri oleh Dinas Pariwisata, tetapi Dinas Pariwisata adalah merupakan leading sektor harus melibatkan sektor-sektor lainnya, OPD-OPD lainnya harus terlibat" Tegas Bupati.

Seperti yang disebutkan oleh Bupati Lombok Utara, bahwa sektor informasi sangatlah penting, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mempunyai Kominfo dan Humas, peran kedua lembaga tersebut harus bisa menunjukkan keindahan wajah daerah wisata Lombok Utara melalui media sosial ataupun media cetak yang dimiliki.

Mengakhiri sambutannnya, Bupati Lombok Utara merekomendasikan setelah Rakor pariwisata berlangsung agar membuat surat kepada Gubernur NTB, Presiden Republik Indonesia, dan kepada otoritas penerbangan yang ada untuk segera memulihkan kondisi penerbangan yang ada di NTB.

Acara Rakor pariwisata dibuka secara simbolis dengan memukul alat musik tradisional "Gong" oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH yang didampingi oleh Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto, S.IP., Wakapolres Lombok Utara, Kepala Disbudpar Kabupaten Lombok Utara Vidi Eka Kusuma, S.IP. M.Si beserta tamu undangan lainnya.

(Yoan) Photo : Yoan

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial