Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (Pjuts) Di Kabupaten Lombok Utara

Diskominfo KLU, Tanjung - Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbaru Dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) meresmikan Program Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jum'at (08/02/2019).

Acara Peresmian Lampu PJUTS tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI DR. H Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Kementrian ESDM Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M. Sc, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH, Sekretaris Daerah Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH, Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara, dan Rombongan dari UGM.

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kementrian ESDM dan juga Anggota Komisi VII DPR RI DR. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc yang sangat banyak mencurahkan perhatian kepada Masyarakat Lombok Utara.

"Harapan kita adalah dengan banyaknya lampu yang bertenaga surya ini nanti, ya dalam kondisi apapun kita harapkan bisa tetap memberikan penerangan" Ujar Bupati.

Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH juga mengungkapkan kepada seluruh tamu yang hadir bahwa salah satu yang menjadi permasalahan dalam listrik yang bertenaga surya di Lombok Utara selama ini adalah masalah maintenance, karena listrik tenaga surya tersebut menggunakan ACU. Tetapi dengan teknologi baru yang berkembang sekarang ini ACU sudah tidak lagi dipergunakan sehingga tidak ada lagi maintenance ACU seperti pada tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Komisi VII DPR RI DR. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc juga mengungkapkan dukungannya terhadap program-program pemerintah untuk membangkitkan kembali Kabupaten Lombok Utara setelah di landa bencana gempa seperti program PJUTS sekarang ini.

Program PJUTS yang di usulkan melalui Anggota Dewan berjumlah 200 titik setiap tahun, di tahun 2018 DR. H. Kurtubi, SE., M.Sp., M.Sc sudah mengusulkan 75 titik untuk Lombok Utara, sedangkan 125 titik lain untuk wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Wilayah Kabupaten lain.

"Karena KLU ini adalah menerima musibah gempa yang sangat besar, saya minta ada tambahan minimal 200 titik lagi diluar jatah saya yang tahunan 200" Ucap H. Kurtubi.

Diakhir acara, Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M. Sc selaku Kementrian ESDM meresmikan Program Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) secara simbolis yaitu dengan memotong tumpeng bersama Bupati Lombok Utara dan tamu undangan lainnya.

(Yoan/Diskominfo_KLU)   Photo : Yoan

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial