Komparasi Pengelolaan Media, Humas KLU Kunjungi Biro Humas Jatim

Humaspro Setda KLU, Surabaya - Bertempat di Ruang Pertemuan Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, rombongan Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara diterima Kepala Bagian Media dan Dokumentasi Ir. Arif Lukman Hakim, MM dan Kepala Sub Bagian Media Wempi Roberto G, S.Sos.(17/12).

Mengawali pertemuan dengan pihak Biro Humas dan Protokol Setda Jatim, pimpinan rombongan Humas dan Protokol Setda KLU Ir. Lalu Musta'in, MM berterima kasih yang setulus-tulusnya kepada pihak Biro Humas dan Protokol setempat yang telah menerima rombongan Humaspro Lombok Utara. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda KLU itu menyampaikan tujuan kunjungan ingin mengetahui manajemen pengelolaan media internal kehumasan Pemprov Jatim. Asisten III Musta'in kemudian menceritakan secara singkat sejarah terbentuknya KLU. Menurutnya, KLU terbentuk atas aspirasi berbagai elemen daerah yang ada di kabupaten terbungsu di Provinsi NTB tersebut, termasuk elemen mahasiswa Lombok Utara yang studi pada berbagai daerah di Indonesia kala itu serta tokoh masyarakat secara umum.

Dilihat dari sisi historisnya, lanjutnya, KLU dibentuk dengan dua alasan prinsip. Pertama, mempersingkat rentang kendali pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Barat di Gerung yang berjarak sangat jauh dari wilayah utara Lobar saat itu (kini KLU-ed). Kedua, mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Jarak KLU dengan Lobar kurang lebih 50 KM. Kita harus melewati Kota Mataram dulu baru sampai ke pusat pemerintahan di Lobar. Pelayanan dirasakan saat itu tidak maksimal oleh masyarakat," jelasnya.

Dipaparkannya, potret PAD pada awal KLU terbentuk hanya 6 milyar. Setelah 10 tahun berdiri, PAD KLU kini mencapai 150 milyar lebih.

"Meningkat cukup drastis. Ya, bisa dikatakan terjadi lompatan progresif," paparnya.

Kemudian menceritakan keadaan aktual dan terkini KLU pascadilanda gempa bumi 5 Agustus silam. Hampir seluruh instansi lingkup Pemda Lombok Utara berkantor di tenda atau kantor sementara (kantara) yang dibangun oleh pemerintah pusat.

Senada dengan hal tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda KLU Mujaddid Muhas, M.A, menyampaikan pentingnya menggali resep jitu pengelolaan media internal kehumasan Biro Humas dan Protokol Jatim. Lantaran sukses meraih prestasi Terbaik I Nasional Kategori Pengelolaan Media Internal Humas pada ajang Anugerah Media Humas tahun 2018 yang diselenggarakan Kemkominfo RI beberapa waktu silam.

"Kami ingin mengomparasi dan menyintesa contoh baik terkait manajemen tata kelola media internal kehumasan Pemprov Jatim," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Media dan Dokumentasi Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov Jatim Ir. Arif Lukman Hakim, MM menyampaikan apresiasi atas kunjungan Humas Lombok Utara.

"Dengan senang hati, kami menerima kunjungan ini," ungkapnya.

Struktur Biro Humas dan Protokol Setda Jatim, dijelaskannya, terdiri dari Bagian Pengelola dan Penyaringan Informasi, Bagian Kerjasama, Bagian Media dan Dokumentasi serta Bagian Protokol.

Pihaknya bertugas menciptakan branding pimpinan daerah baik gubernur, wakil gubernur dan sekda. Di luar itu, menjadi tugas Diskominfo Provinsi Jatim untuk melakukan branding. Cara yang ditempuh pihaknya antara lain publikasi advertorial, gathering pers, press tour, Lomba Karya Tulis Wartawan secara berkala serta publikasi internal melalui majalah kehumasan.

"Dalam pengelolaan berkala lainnya, kami melaksanakan publikasi secara mandiri melalui media sosial, website, dan liputan pilihan kegiatan pimpinan daerah kemudian menyebarluaskan melalui kanal media yang ada," urainya.

Ditambahkan Arif, penilaian anugerah media humas saat ini lebih pada sisi konten substansi yang dipublikasi atau dimuat pada saluran media yang ada.

"Kami berhasil meraih prestasi pada kategori pengelolan media internal. Pada kategori lain, kami hanya masuk nominasi," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, pihak Biro Humas Protokol Setda Provinsi Jatim membagikan buku Selayang Pandang Jawa Timur The Excellence of East Java serta beberapa majalah terbitannya. Agenda kunjungan yang diformat dalam bentuk dialog itu, berlangsung hangat dan guyub, dengan mengeksplorasi potensi daerah masing-masing.

(sjn/humaspro) foto: sjn/humaspro

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial