Wakil Bupati Menghadiri Launching APKASI Otonomi Expo 2019

Humaspro Setda KLU, Jakarta -Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH, menghadiri launching APKASI Otonomi Expo 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta (1/11). Hadir mendampingi wakil bupati, Kepala Bagian Pemerintahan H. Rubain, M.Si dan Kasubag Evaluasi dan Pengembangan Kapasitas Daerah Lalu Hariawan.

APKASI Otonomi Expo merupakan event tahunan yang mempromosikan seluruh potensi investasi dan komoditi unggulan daerah oleh para pelaku usaha dalam dan luar negeri. Selain kegiatan Promosi, event ini juga mempertemukan kebutuhan daerah dan para pelaku usaha. Secara paralel kegiatan ini menggelar kegiatan-kegiatan yang 
bertujuan meningkatkan dan menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur daerah. Tajuk yang diangkat pada APKASI Otonomi Expo kali ini "Trade, Tourism and Invesment”.

Sekjen APKASI Dr. Remigo Yolanda Berutu, MBA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa APKASI Otonomi Expo mendorong promosi daerah guna pencitraan daerah dalam persaingan global. Kegiatan tersebut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah.

"Dapat kita lihat hasilnya, secara signifikan nilai investasi baik transaksi langsung atau transaksi berkelanjutan. Pada APKASI Otonomi Expo 2017 dan 2018 transaksi langsung sampai menembus empat miliar rupiah, belum lagi transaksi berkelanjutan, saya yakini jauh lebih besar," imbuhnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, membuka akses perdagangan dan investasi terbuka lebar. Dengan penuh optimisme bahwa APKASI Otonomi Expo 2019 jauh lebih baik lagi. Pihaknya berharap masing-masing daerah dapat memanfaatkan momentum dengan baik, tentu saja dengan terlibat langsung pada APKASI Otonomi Expo tahun 2019 yang akan berlangsung Juli mendatang.

Pada akhir paparannya, disampaikan APKASI turut berbelasungkawa atas bencana yang menimpa Lombok, Palu dan Donggala. "APKASI membuka ruang donasi, guna meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi," harapnya. Sementara itu, Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Ditjen PEN Kementerian Perdagangan Dra. Sulistyawati, MBA, yang memaparkan Strategi Peningkatan Ekspor Komoditi Unggulan melalui Promosi Perdagangan.

Beberapa testimoni juga disampaikan untuk menguatkan betapa pentingnya kegiatan Otonomi Expo. Adapun bupati yang menyampaikan testimoni yaitu Bupati Sidoarjo H. Saifullah dan Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono yang menjelaskan potensi daerah dan manfaat yang diperoleh melalui kegiatan APKASI Otonomi Expo.

Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH. MH, yang sejak awal menyimak setiap paparan, memberikan tanggapan dan harapannya. "Acara ini dapat memberi dampak bagi perkembangan ekonomi daerah, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan. Melihat peluang ini daerah diharapkan, tidak tinggal diam, daerah harus dapat memanfaatkan momentum ini," ungkap wabup.

Karena momen ini hanya dilaksanakan setahun sekali, harapnya, kegiatan ini tidak hanya dipusatkan di Jakarta saja, tapi juga di daerah-daerah. Misalnya bisa saja kegiatan ini dilaksanakan di NTB.

Ketika ditanya terkait produk yang dimiliki KLU, wabup menyampaikan disajikan produk yang memiliki nilai dan daya saing berorientasi ekspor. "KLU punya potensi itu. Salah satu produk kita adalah mutiara dan juga pariwisata, saya rasa keduanya sudah berstandar bisnis internasional," tutur wabup.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran APKASI Otonomi Expo 2019 yang rencananya dilaksanakan Juli mendatang dari berbagai stakeholders.

(sfw/humaspro) foto: sfw/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial