Bupati Berdialog Pemulihan Gempa dengan Pengusaha Wisata Senaru

Humaspro Setda KLU, Bayan - Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata H. Muhammad SP.d, Kepala BPBD Iwan Maret Asmara, S.Sos melakukan dialog dengan Pengusaha Wisata dan Kepala Dusun Desa Senaru (22/9).

Dalam penyampaiannya Bupati Najmul menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Senaru, parakepala dusunnya dan pengusaha pariwisata yang membahas perkembangan pariwisata di Senaru terkait pemulihan pascagempa.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, segera melakukan komunikasi dengan TNGR sesuai instruksi Menko Maritim di Gili Indah, agar segera memperbaiki jalur dan spot pendakian yang rusak akibat gempa," tutur bupati.

Terkait bagaimana cara untuk membangkitkan pariwisata di Senaru, bupati memerintahkan kepada Dinas Pariwisata untuk membuat event untuk membangkitkan lagi pariwisata, khususnya di Bayan.

Kepala Desa Senaru, Isa Rahman menyampaikan khusus untuk Desa Senaru, setelah gempa ini masih kekurangan air bersih. Dari 15 Dusun se-Desa Senaru, baru tiga dusun yang air pipanya ada dan 12 dusun lainnya kesulitan untuk mendapatkan air bersih, dikarenakan pipa mengalami kerusakan sepanjang 2,5 KM.

"Selain air sebagai kebutuhan sehari-hari, ada juga saluran irigasi yang mengaliri persawahan kami tertutup longsor, sehingga masyarakat di Desa Senaru belum bisa bercocok tanam," ungkapnya.

Kades Senaru itu juga menyampaikan usulan agar Dinas Pariwisata dan pemda segera memperbaiki jalan akses menuju air terjun, agar roda perekonomian bisa kembali normal.

Mewakili pengusaha wisata Lalu Ahmad Yani menyampaikan ingin segera pendakian ke Rinjani dibuka melewati jalan alternatif yang berisiko kecil. Dikatakannya, kedatangan wisatawan, selain membangkitkan ekonomi juga sebagai trauma healing bagi masyarakat. Adapun permintaan dari pelaku usaha lain, nantinya agar pendakian ke Rinjani dibuatkan semacam aturan adat (awiq-awiq) untuk mengaturnya.

(rsd/humaspro) foto: rsd/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial