Bupati Hadiri Musrenbang Perubahan RPJMD KLU

Humaspro Setda KLU, Tanjung - Bertempat di Aula RSUD Tanjung berlangsung kegiatan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Lombok Utara yang dihadiri Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH (19/7).

Hadir pula dalam Musrenbang Perubahan tersebut, Sekretaris Daerah KLU Drs. H. Suardi, MH, Perwakilan Bappeda Provinsi NTB, Parakepala OPDKLU, Perwakilan NGO, Paracamat, Parakades dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bappeda KLU, Heryanto, SP., dalam sambutannya menyampaikan telah menyusun strategi supaya bisa sesuai dengan perubahan-perubahan kebijakan nasional maupun regulasi yang berkembang pada pemerintah pusat.

Proses penyusunan RPJMD, lanjutnya, dengan malakukan telaah-telaah terhadap kinerja OPD, melalui konsultasi publik dengan menghadirkan NGO, OPD dan stakeholder yang ada.

Dikatakannya, selain itu pula, upaya tersebut dalam rangka bisa menanggulangi kemiskinan hingga tercapai 2,5 persen. Oleh karena itu, sambungnya, program yang disusun mesti betul-betul sesuai dengan tujuan penanggulangan.

"Sesuai dengan Permendagri nomor 86, maka RPJMD bisa dilakukan perubahan. Alhamdulillah, Rancangan RPJMD yang sudah dibahas dengan DPRD segera diserahkan ke Bapedda Provinsi NTB," jelas Kepala Bappeda itu diakhir paparannya.

Kepala Bappeda Provinsi NTB diwakili Kapala Bidang Penelitian Pengembangan dan Evaluasi Pembangunan Ir. Gusandri menyatakan Pemda KLU paling banyak melakukan inovasi. Diantaranya, Program "Jubah" yang menumbuhkan kepedulian sosial dengan Masyarakat, untuk menanggulangi kemiskinan. Persoalan masyarakat urainya, tidak bisa diselesaikan hanya dengan APBD saja.

"Musrenbang RPJMD adalah persyaratan untuk disahkan menjadi RPJMD, untuk mempertajam program-program 3 tahun mendatang. Kita mesti penuhi SPM-SPM, tahun 2019 bida diimplementasi," imbuhnya.

Bupati Lombok Utara dalam sambutannya, pada acara Musrenbang perubahan RPJMD menyatakan bersyukur bisa bersama-sama merumuskan perubahan RPJMD yang menjadi tolak ukur arah pembangunan. Inovasi kita semua.

"Bersyukur karena inovasi kita menampakkan hasil. Inovasi membawa KLUke arah yang lebih baik, tercapai melalui peran dan kerjasama dari legislatif kita juga," tutur bupati.

Bupati melanjutkan, selalu ada dinamika tetapi bisa menjadi lebih dewasa dalam berpikir bersama, membangun Lombok Utara.

Pada kesempatan tersebut, bupati menguraikan Program Jumat Bedah Rumah. Program "Jubah" menjadi salah satu cara menembus birokrasi panjang.

"Saya mengapresiasi Baznas yang ikut mendukung Program Jubah. Berterima kadih kepada pengusaha hotel di Gili Indah sudah mulai bergerak membantu Program Jubah," imbuh bupati.

Dijelaskan bupati, perbaikan rumah warga menjadi prioritas penanganan, dikarenakan digitnya lebih tinggi untuk menanggulangi kemiskinan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan diskusi dan dialog dengan peserta Musrenbang perubahan RPJMD KLU.

(sas/humaspro) foto: rsd/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial