DKPP Adakan Kontes Ternak Tingkat Kabupaten Lombok Utara

Humaspro Setda KLU, Tanjung - Bertempat di Pasar Ternak Tanjung Dusun Bengkoang Desa Sokong Bupati Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH, didampingi Wakil Bupati Sarifudin, SH., MH, membuka kontes ternak tingkat Kabupaten Lombok Utara (17/7).

Hadir juga dalam kontes ternak tersebut diantaranya Inspektur Inspektorat KLU Drs. Zaenal Idrus, perwakilan Dinas Perternakan Provinsi NTB, unsur Pimpinan OPD KLU, perwakilan Bank NTB, perwakilan Jasindo serta para peternak sapi kontestan.

Koordinator penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Ketahanan Pangan KLU Ir. H. Melta, dalam paparannya dihadapan bupati, wabup dan hadirin menyampaikan bahwa selama kabupaten terbentuk 10 tahun silam, populasi ternak naik 64 persen dengan jumlah populasi mencapai 91 ribu ekor lebih.

Lanjutnya, populasi ternak sejumlah tersebut, dikelola oleh 473 kelompok. Dari 38671 kepala rumah tangga, sehingga rerata satu kepala keluarga memiliki lebih dari 2 ekor.

"Dalam lomba ini berkategori lomba Induk Sapi, Pejantan Sapi, Bibit Betina Sapi, dan Sapi Inseminasi Buatan. Mengenai animo masyarakat, luar biasa untuk mengikuti kontes ternak," imbuhnya.

Dijelaskannya, pada HUT KLU besok (21/7, ed) dicanangkan layanan online, yakni website Sistem Informasi Produk Pertanian Elektronik (SIPPE).

Diakhir paparannya, Kadis DKPP itu menyatakan kegiatan dianggarkan dari DPA DKPP KLU melalui SK Kepala DKPP nomor 112/285/DKPP/2018 tentang pembentukan panitia kontes ternak.

Ditempat yang sama, sebelum membuka kontes ternak tingkat kabupaten, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH, menyampaikan potensi peternakan, pesona alam yang bagus, keamanan dan kenyamanan, sudah selayaknya jika Kabupaten Lombok Utara sebagai pusat Program Bumi Sejuta Sapi.

Lanjutnya, kedepan kiranya bisa direalisasi oleh Pemprov. NTB. Ditambahkan bupati, sektor pariwisata merupakan penggerak dari sektor yang ada di KLU, seperti sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

"Untuk memenuhi permintaan pasar hortikultura dan kebutuhan daging terhadap permintaan hotel yang ada di KLU, mulai dari tiga gili dan daerah lainnya, semoga bisa terpenuhi, harap bupati pada peternak sapi.

"Tolong perhatikan kebersihan Rumah Potong Hewan (RPH) dan penting bagi kita untuk membentuk pusat kesehatan hewan. Mungkin bisa pada tiga tempat yaitu kawasan Barat, Tengah, dan Timur. Ini cara kita membangun KLU dari segala lini," tutur bupati kepada hadirin.

Selanjutnya acara dirangkai dengan penyerahan kunci roda tiga oleh bupati dan wabup kepada Kelompok Ternak Ikrar Dusun Montong Bal Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang, Kelompok Ternak Sinar Laut Desa Loloan Kecamatan Bayan, dan Kelompok Ternak Lakok Asih Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan.

Selain itu pula, dilakukan penyerahan polis Asuransi Usaha Ternak Sapi dari PT Jasindo kepada Kelompok Tani Ternak Mele Mola Desa Tegal Maja, Mele Maju Desa Tegal Maja dan Kelompok Tani Ternak Alung Gopala Desa Sokong.

Dalam pada itu, bupati, wabup dan beberapa tamu undangan menyempatkan pula meninjau sapi-sapi yang dikonteskan serta stand pakan ternak.

(sas/humaspro)   foto: rsd/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial