Pemda KLU Sepakati MoU dengan Unibraw Malang

Humaspro Setda KLU, Malang -Bertempat di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (5/6).

MoU dilaksanakan antara Pemda KLU yang dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH, dengan pihak kampus, dalam hal ini oleh Rektor Unibraw Prof. Dr. Ir. Mohommad Bisri, MS.

Hadir pada acara tersebut, mendampingi Wabup Lombok Utara, Asisten Ekonomi Pembangunan Setda KLU Ir. Hermanto, Kadis PUPR Zaldy Rahadian ST, Kepala Bappeda Heryanto SP, Kadis Lingkungan Hidup Ir. H. Rusdi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata H. Muhammad S. Pd, serta jajaran Bappeda dan Humas Protokol. Sedangkan dari pihak Unibraw dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr. Ir. Sasmito Djati MS, beserta jajaran civitas akademika Unibraw.

Adapun hal yang melandasi adanya MoU adalah potensi pengairan Lombok Utara yang memiliki lahan luas untuk pengembangan pertanian. Sedangkan dipilihnya Unibraw disebabkan adanya best practice yang telah dilakukan sebelumnya. Diantaranya perencanaan pengairan dan bendungan irigasi lahan kering daerah lain.

Rektor Unibraw Prof. Dr. Ir. Mohommad Bisri, MS, menyatakan pihaknya memiliki potensi SDM untuk bisa bersinergi. Ditambahkannya, unggulan dalam hal peternakan, teknik, dan pertanian.

"Semoga kerja dulu dan tak hanya MoU, tetapi ditindaklanjuti dengan program nyata berkelanjutan," tutur rektor.

Adapun Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH, menyampaikan kehadirannya menindaklanjuti sinergi dengan Unibraw pada aspek pengairan.

"Ini adalah momentum yang baik untuk membangun bersama, bekerja sama. Sembilan tahun KLU banyak kemajuan, hanya saja kami terus ingin berpacu melaksanakan program prorakyat," imbuh wabup.

Dijelaskan wabup, perlu diperbaiki sistem irigasi untuk lahan kering. Sekitar 60 persen areal lahan perlu diairi. Dalam pada itu, sektor lainnya pada aspek pariwisata untuk menunjang pasokan sayur dan buah melalui sistem pengairan yang bagus.

Kegiatan kerja sama yang difasilitasi oleh akademisi Unibraw Dr. Sumiadi, yang juga putra daerah KLU itu berupa penandatanganan MoU antara Unibraw dan Pemda KLU, dilakukan pula penyerahan cinderamata kedua belah pihak.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan. Tindak lanjut penjajakan perjanjian kerja sama antara Jurusan Teknik Pengairan dengan Dinas PUPR KLU melalui rencana studi potensi kelayakan sistem pengairan.

Ketua Jurusan Teknik Pengairan Dr. Ir. Ussy Andawayanti MS, menyatakan pihaknya bukan saja terapan keilmuannya mengadakan air tetapi juga melakukan konservasi, dengan mengembangkan sumber daya air.

"Fase awal yang bisa dilakukan adalah studi potensi sumber daya air di Lombok Utara. Hasil studinya didesain melalui bimtek pengairan dari jurusan dan penerapannya, kemudian" imbuh kajur.

Kerja sama itu dihajatkan menjadikan kabupaten Lombok Utara sumber daya airnya bisa melimpah dan irigasinya merata terutama pada lahan kering.

Pada kesempatan kunjungan ke Fakultas Teknik tersebut, Wabup Sarif mengungkapkan KLU punya potensi yang luar biasa dari sisi air.

"Air merupakan sumber daya yang diperlukan untuk kehidupan. Petani bersyukur adanya cetak sawah baru yang sudah digarap, hanya saja sumber air irigasinya yang perlu dipikirkan," imbuh wabup.

Teknik irigasi dimulai dengan irigasi induk. Pengembangan irigasi pompa dongki/hidran, pembuatan embung penampung air hujan (water store) dan pengelolaan sampah.

Sedangkan akademisi Unibraw Dr. Sumiadi, menyatakan air di KLU cukup, tetapi belum konstan dan perlu diukur debit andalannya dari sungai. Daerah hilir seperti Bentek Todo dan tempat lainnya yang berkaitan dengan sejumlah mata air daerah resapan.

Ketika ditanyakan soal pengelolaan sampah, yang menimbulkan biaya lebih adalah pemilahan sampah bukan di tempat pembuangan sampah. Oleh karenanya, sampah sebelum didaur ulang, masyarakat sudah membiasakan untuk memilahnya.

(did/humaspro)  foto: sfw/humaspro

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial