Wabup Awali Safari Ramadhan di Masjid Baitul Ikhlas Lenggorong

Humaspro Setda KLU, Bayan - Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH., MH, mengawali Safari Ramadhan pertamanya di Masjid Baitul Ikhlas. Agenda rutin tahunan Pemda KLU itu, kali ini dilakukan di Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen Bayan (22/5).

Hadir bersama Wakil Bupati Sarifudin, SH., MH, Asisten II Setda KLU Ir. Hermanto, Kepala BPKAD Drs. HR. Nurjati, Kepala BKDPSDM Muhammad Najib, M. Pd, Kadis Perhubungan Kelautan dan Perikanan Agus Tisno, S. Sos, Kadis Sosial Hadari SP, Kadis TKPMPTSP Vidi Ekakusuma SP. MM, Sekdis Kominfo Drs. Suryadi M. Pd, Sekban BPBD Lalu Ahmad Yani SKM, Camat Bayan Musripin S. Sos, Plt Kades Sambik Elen Nuriadi, beserta jamaah sekitar Dusun Lenggorong.

Rangkaian safari diawali dengan berbuka puasa hingga tarawih berjamaah. Takmir Masjid Baitul Ikhlas warga Dusun Lenggorong bersama rombongan safari Ramadhan Tim II Pemda KLU sekaligus mengadakan Nuzulul Qur'an.

Pada perhelatan tersebut, Camat Bayan Musripin, S. Sos menyampaikan bahwa masyarakat antusias menyambut kehadiran rombongan Tim Safari Ramadhan.

"Wakil bupati dan rombongan berkenan hadir disini, suatu kehormatan bagi masyarakat kami, dan alhamdulillah bisa bertemu dengan wakil bupati ditengah kesibukan beliau sebagai penyelenggara pemerintah daerah mendampingi bupati," ujarnya.

Desa Sambik Elen, lanjutnya, dahulu merupakan desa transmigrasi kabupaten, sehingga warga berasal dari berbagai daerah, patut disyukuri hidup dalam kerukunan.

"Dapat kami sampaikan, beberapa aspirasi masyarakat yang menjadi perhatian adalah infrastruktur jalan, seperti yang dilalui rombongan safari, pada wilayah Lenggorong kiranya menjadi prioritas, mungkin untuk kedepannya tahun 2019," harap Camat Musripin mengakhiri sambutannya yang disambut riuh jamaah mengiyakan.

Dalam pada itu, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH menyampaikan acara safari Ramadhan merupakan momentum yang baik untuk kita jadikan ajang silaturrahmi dan menyampaikan program pembangunan pada suatu majelis.

Pemerintah daerah memberikan kebijakan dengan prinsip berkeadilan sesuai undang-undang yang berlaku. Prioritas Pemda KLU pada tiga sektor yaitu kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

"Pada kesempatan safari ramadhan (pada tempat berbeda, ed), saya bersama bupati menyampaikan program yang kami lakukan, baik itu yang sudah, sedang dan rencana kami selesaikan pada masa yang mendatang. Aspirasi Bapak/Ibu seperti pengerasan jalan, diupayakan pada anggaran perubahan tahun 2018 atau paling tidak anggaran murni tahun 2019," tutur wabup dihadapan jamaah Lenggorong.

Bicara program, lanjut wabup, tentu banyak yang sudah kami lakukan seperti pendidikan. Diantaranya, bekerjasama dengan Unram mendirikan politeknik vokasi. Kedepannya IPM KLU bisa mengejar ketertinggalan. Program lainnya juga kependudukan. Pemda KLU menjadi percontohan dan mendapat penghargaan terhadap layanan publik akta kelahiran.

"Pada tahun 2018, Pemda KLU rencananya mengajukan pengadaan ambulance, untuk memenuhi kebutuhan desa-desa yang belum mendapatkan ambulance sehingga pelayanan aspek kesehatan bisa merata," ungkap wabup.

Pada kegiatan itu, dilakukan pula penyerahan bantuan sosial dari Pemda KLU oleh wabup kepada pengurus takmir Masjid Baitul Ikhlas Lenggorong.

Adapun acara peringatan Nuzulul Qur'an diisi oleh penyampaian Tausiyah Ramadhan oleh Ketua MUI KLU TGH. Abdul Karim Abd Ghafur. Dalam tausiyahnya TGH. Abdul Karim Abdul Ghafur, menyatakan malam Nuzulul Qur'an malam turunnya Alquran. Fenomena di Lombok Utara sekarang banyak muncul pondok tahfiz qur'an, dapat berarti gelora hafal qur'an diminati masyarakat.

Pada akhir uraian hikmahnya, Tuan Guru Karim mengajak untuk perbanyak membaca, menghafal Alqur'an dan tadabbur maknanya.

"Hafal Qur'an sesungguhnya mudah. Mulai dengan cara sederhana, sesuaikan tajwid kemudian membaca tiap ayat yang ingin dihafal sebanyak 20 kali, dan mengulangnya," tutur tuan guru sembari memberikan tips mudah menghafal Alqur'an.

Rangkaian safari Ramadhan ditutup pembacaan do'a serta ramah tamah bersama takmir dan jamaah.

(sas/humaspro) foto: rsd/humaspro

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial