Bupati Buka STQ Kabupaten Tahun 2018

 Bupati Buka STQ Kabupaten Tahun 2018

Humaspro Setda KLU, Gangga - Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH didampingi Wakil Bupati Sarifudin, SH., MH dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH membuka acara Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-2 tahun 2018 di Lapangan Proklamasi Gondang (28/4). Acara tersebut, dihadiri pula oleh Kepala Kemenag KLU H Muhsin MPdI, Asisten I Setda KLU Ir. H. Nanang Matalatta, Ketua Dewan Hakim STQ Dr. H. Lalu Muchsin Efendi MA, unsur OPD, unsur Polres Lombok Utara dan Kodim 1606 Lombok Barat serta ribuan masyarakat dan tamu undangan yang memenuhi tribun acara lapangan.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Utara mengatakan kegiatan STQ besar maknanya di hadapan Allah, sebab kita sedang menyi'arkan agama dan memakna apa yang termaktub dalam al-Qur'an serta mengamalkannya.

"Saya mengajak kita semua untuk merenung bahwa STQ ini besar nilainya bagi daerah. Kita patut berbangga, juara-juara STQ tidak hanya sampai level daerah saja tapi sampai nasional, bahkan bisa mencapai level internasional," ungkap bupati.

Dalam pelaksanaan seleksi, lanjutnya, STQ bukan hanya pada tingkat kabupaten, tetapi dimulai pada tingkat desa dan kecamatan yang telah terlaksana dengan meriah.

"Sebagai kabupaten yang religius dan berbudaya, saya berharap daerah kita dengan motto Tioq Tata Tunaq, dapat menyelenggarakan STQ dengan sebaik-baiknya," harap bupati yang sempat berpantun saat membuka acara.

Dalam pada itu, bupati juga menyampaikan bagi yang juara di tingkat kabupaten/provinsi dan nasional diberikan hadiah umroh dari Pemda Lombok Utara," pungkasnya.

Sebelumnya, dalam laporan panitia penyelenggara, Asisten Satu Ir. H. Nanang Matalatta sebagai ketua panitia mengatakan bersyukur diberikan kesehatan dan kelancaran dalam persiapan dan kegiatan STQ. Bisa terus membumikan al-Qur'an.

"Berkaitan dengan kegiatan STQ, ada tiga cabang kegiatan yang dilombakan yaitu cabang tilawah, tahfiz dan tafsirul Qur'an dengan peserta berjumlah 117 orang dari lima Kecamatan se-Lombok Utara. Diantaranya, Kecamatan Pemenang 14 peserta dan 9 official, Kecamatan Tanjung 16 peserta dan 9 official, Kecamatan Gangga 17 peserta dan 9 official, Kecamatan Kayangan 14 peserta dan 9 official, Kecamatan Bayan 16 peserta dan 9 official. Untuk penginapan berada di rumah-rumah warga yang ada di Gondang," katanya.

Acara diakhiri dengan pemukulan beduk oleh bupati dan wakil bupati didampingi sekda, anggota DPRD KLU Nurhardin, S.Pd dan penyelenggara, tanda dimulainya STQ.

(ags/humaspro) Foto: rsd/humaspro

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial