Wabup Bersama Sekda Launching BUMDes Mart KLU

Wabup Bersama Sekda Launching BUMDes Mart KLU

Humaspro Setda KLU, Gangga - Kabar gembira yang dinanti-nanti warga dan pegiat UKM di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH, me-Launching enam BUMDes Mart yang dipusatkan di Kantor Desa Gondang Kecamatan Gangga.

Hadir bersama Wabup Sarifudin, selain Sekda KLU, dihadiri pula oleh Para kepala OPD lingkup Pemda KLU, Kadin KLU, Wakapolres Lombok Utara, Perwakilan Kodim, Para camat, Para kades, Para pelaku UKM dan pegiat usaha beserta tamu undangan lainnya.

Kadis P2KBPMD Drs. H. Holidi Khalil menyampaikan proses mulai adanya BUMDes Mart, telah dilakukan kajian yang cukup lama oleh Universitas Mataram yang difasilitasi Bappeda KLU sehingga diputuskan membentuk BUMDes Mart melalui kebijakan pimpinan daerah.

"Ditetapkan lima lokasi desa yang ada di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara merupakan dukungan dari Pemda KLU, sedangkan satu di Desa Gili Indah merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat," tandasnya.

Melalui Surat Keputusan Bupati Lombok Utara nomor 378/2017, tertanggal 18 Oktober 2017 BUMDes Mart resmi terbentuk. Bantuan anggaran sebesar 300 juta masing-masing pada lima desa untuk pembangunan fisik BUMDes Mart serta sarana prasanana didalamnya. BUMDes Mart berikhtiar membangun ekonomi masyarakat KLU.

Dalam sambutannya sebelum launching BUMDes Mart, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, SH., MH berharap kehadiran BUMDes Mart kedepan memacu geliat ekonomi masyarakat KLU sebagai pasar dari produk lokal serta menghargai produk lokal masyarakat.

"Saya tidak ingin masyarakat jadi penonton ditempatnya sendiri, tapi mengajak mereka sebagai produsen produk lokal sehingga memacu geliat ekonomi masyarakat," pesan Wabup Sarifudin dihadapan hadirin.

Ditambahkannya, BUMDes Mart masa mendatang bukan hanya perlu manajemen yang bagus, tetapi skill pegiat usahanya perlu terus dikembangkan.

"Saya menghimbau kepada semua desa yang mengelola BUMDes Mart, mohon kiranya memasukkan produk masyarakat kita ke BUMDes Mart, contohlah daerah luar yang selalu menghargai produk masyarakatnya," imbuh wabup yang juga dikenal sejak dulu cukup aktif menyuarakan aspirasi desa itu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Wabup Sarifudin, SH., MH didampingi Sekda KLU Drs. H. Suardi, MH dengan pelepasan sejumlah balon udara tanda diresmikannya BUMDes Mart di Kabupaten Lombok Utara.

(sas/humaspro) Foto: rsd/humaspro.

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial