Rumah Amaq Nurama Mendapat Program Jubah

Rumah Amaq Nurama Mendapat Program Jubah

Humaspro Setda KLU, Bayan - Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH.,MH melakukan peletakan batu pertama program rutin Pemerintah Daerah Lombok Utara yaitu Jumat Bedah Rumah (Jubah). Seorang warga masyarakat di Dusun Munder Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan kali ini mendapatkan bantuan program "Jubah". Amaq Nurama, laki-laki berusia 45 tahun yang sehari-harinya bekerja upahan buruh tani warga.

Kegirangan terpancar dari raut wajah suami Inggetip itu, mendapat bantuan program Jubah. Amaq Nurama berterima kasih kepada bupati yang telah membantu membangun rumahnya yang semula tidak layak menjadi layak hunian. Selain itu, Amaq Nurama bersama keluarga bisa tinggal ditempat yang layak, tak seperti selama ini tinggal dirumah berlantai tanah dan berdindingkan rumpunan bambu.

Rombongan Bupati yang disambut iringan kecimol ketika sampai pada lokasi acara. Hadir pula Asisten III Setda KLU, Kepala BPKAD, Kepala BPBD, Plt Kepala Dikpora, Sekdis Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil KLU, unsur Baznas KLU, Kades Mumbul Sari dan masyarakat Dusun Munder yang antusias turut menyambut kedatangan rombongan orang nomor satu di KLU itu.

Kepala Dusun (Kadus) Munder Desa Mumbul Sari, Sirmanem dalam paparannya menyampaikan rasa lega dan haru, ada masyarakat Dusun Munder yang mendapat program Jubah dan bupati meletakkan batu pertama di rumah warga.

"Walaupun baru pulang dari Jakarta, Bapak Bupati langsung ke tempat kita untuk meletakkan batu pertama pembangunan rumah program Jubah serta bertatap muka dengan kami masyarakat Dusun Munder," ungkapnya.

Adapun Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH menjelaskan program Jubah merupakan program gerakan sosial dari Pemerintah Daerah KLU yang dananya bukan dari APBD sehingga persyaratannya tidak berbelit-belit. Hanya dengan keterangan dari kadus yang benar-benar tahu kondisi warganya, bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan program Jubah.

"Inilah cara pemerintah untuk membangkitkan semangat gotong-royong kita bersama, pemerintah memberikan dana untuk membeli bahan, kemudian pengerjaannya dilakukan secara gotong-royong hingga selesainya perbaikan rumah warga," ujar bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu.

Sejak Bulan April 2017, telah diperbaiki hampir 70 rumah warga melalui Program Jubah. Pemda KLU secara berkala (tiap jum'at) melakukan perbaikan rumah warga yang dipastikan tidak layak huniannya. Program Jubah menggerakkan empati sosial kemanusiaan dengan cara bergotong-royong membantu sesama.

(sas/humaspro) Foto: ysf/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial