Dirjen Resmikan Pasar Kawasan Pedesaan

 Dirjen Resmikan Pasar Kawasan Pedesaan

Humaspro Setda KLU, Pemenang - Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH menghadiri peresmian Pasar Kawasan Pedesaan di Desa Pemenang Barat (20/2).

Hadir juga dalam peresmian pasar kawasan pedesaan itu diantaranya Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Prof. Ahmad Erani Yustika SE. MSc. PhD, Kapolres Lombok Utara AKBP. Afriadi Lesmana SIK, parakepala OPD se-KLU, paracamat se-KLU, parakades dan tamu undangan.

Kepala Dinas P2KBPMD Drs. H. Kholidi MM dalam sambutannya menjelaskan pembangunan pasar kawasan pedesaan merupakan bantuan Kementerian Desa PDTT yang diarahkan pengelolaannya pada BUMDes Bersama.

Ditambahkannya, melalui Dinas P2KBPMD dipercayakan pula memfasilitasi pembangunan desa wisata bantuan Kemendes yang ada di Dusun Kerujuk Desa Pemenang Barat. Kampung Wisata Kerujuk merupakan desa wisata dalam rangka nawacita Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran.

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH, dalam pemaparannya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dari kemendes PDTT, dengan harapan sebagai bantuan awal untuk Lombok Utara, bisa dilanjutkan pada masa mendatang. "Mengingat jargon Presiden RI, membangun Indonesia dari pinggiran maka di Kabupaten Lombok Utara membangun kabupaten dari desa, Kemajuan kabupaten dilihat dari kemajuan desa-desa," jelas bupati disambut aplaus dari parahadirin.

Dilanjutkannya, beberapa program yang mendukung pengembangan desa, diantaranya Bappeda merekrut tenaga pendamping 33 desa yang memacu penciptaan 10000 wirausaha baru, dengan anggaran 30 milyar.

Adapun pada aspek kesehatan, dijelaskan bupati, dengan menempatkan satu dokter satu desa dan satu ambulan. "Baru satu-satunya di NTB, Pemda KLU melakukan program Universal Coverage. Jadi, masayarakat KLU yang sakit tidak perlu ditanya kartu lagi, karena semua sudah ditanggulangi pembayarannya oleh pemda," tandas bupati yang memiliki program unggulan membangun dari desa itu.

Sementara itu, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Prof. Ahmad Erani Yustika dalam sambutannya memberikan apresiasi pada Bupati Lombok Utara. "Mendengar sambutan dari Bupati tadi, saya mengambil kesimpulan untuk diri saya sendiri, inilah bupati yang saya cari selama tiga tahun terakhir ini," ujar dirjen yang terbilang muda itu.

Dilanjutkannya, bupati yang punya misi kokoh untuk melindungi UMKM, yang memiliki mimpi untuk dapat melindungi sosial masyarakatnya adalah bupati yang memperkuat pembangunan di desa.

Pasar Kawasan Pedesaan kemudian diresmikan dirjen dengan membubuhi tanda tangan bersama Bupati Lombok Utara. Dilanjutkan dengan peninjauan langsung lokasi pembangunan pasar.

(sas/humaspro) Foto: rsd/humaspro

 

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial