Komisioner KPID NTB Kunjungi Pemda KLU Serap Aspirasi Penyiaran

Tanjung, Humaspro Setda KLU - Bertempat di Ruang Rapat Bupati Lombok Utara, Ketua KPID NTB Yusron Saudi, S.Kom. MT., bersama komisioner lainnya mengunjungi Pemda KLU untuk menyerap aspirasi Lembaga penyiaran. Pada kunjungan tersebut, pihak KPID NTB diterima Asisten III Setda KLU Ir. Melta didampingi Kadis Kominfo KLU, H. Muhammad, S.Pd (22/5).

Ketua KPID NTB Yusron Saudi S.Kom. MT., dalam pemaparannya menyampaikan KLU baru memiliki satu penyiaran radio berizin yang mendirikan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) yang mendirikan radio.

"Ada potensi pengajuan radio di KLU yang masih frekuensinya. Kalau untuk frekuensi televisi, sekarang mengalami moratorium. Proses dan prosedurnya menggunakan mekanisme perizinan," tuturnya.

Dalam pada itu, Asisten III Setda KLU Ir. Melta, menyambut baik adanya atensi dari pihak KPID NTB untuk memberikan bimbingan dan arahan pada rencana pengajuan LPPL. Untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku nantinya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Kelembagaan KPID NTB Fathul Rahman, S.KM menyatakan
perlunya peningkatan kapasitas pengelolaan media penyiaran. Ditambahkannya, dengan maraknya hoaks, saluran resmi pemerintah menjadi alternatif saluran yang banyak diacu, guna menyampaikan informasi pembangunan kepada publik.

Adapun komisioner KPID NTB lainnya, Andayani, SE., menjelaskan ranah KPID untuk mengawal aspirasi masyarakat dan memfasilitasi terbentuknya LPPL. Diuraikannya, baru-baru ini bersama tim KPID NTB melakukan supervisi perizinan Radio Silver FM di Tanjung Lombok Utara dan kini telah mengudara.

Sebagaimana diketahui, Pemda KLU belum memiliki LPPL. Baru pada pengelolaan saluran media sosial, Radio Streaming dan Titana Streaming. Rencananya pada masa mendatang, diharapkan LPPL bisa terbentuk pula di Lombok Utara.

Sedangkan Kadiskominfo KLU H. Muhammad, Spd., menyoroti pentingnya radio sebagai cara menyampaikan informasi publik. Dicontohkannya, penyampaian ucapan ramadhan yang efektif dan memudahkan tersambungnya pesan-pesan ramadhan.

"Dengan adanya lembaga penyiaran televisi atau radio, kami berencana mengajukan dan meminta arahan dan bimbingan KPID NTB. Agar bisa memiliki izin dengan mendirikan LPPL sebagai landasan dan sarana penyiaran," imbuhnya.

Pertemuan berlangsung santai, dengan perbincangan hangat dalam suasana ramadhan. Pada akhir sesi pertemuan, sempat bertemu dengan Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., dan ngobrol singkat. Pihak KPID NTB kemudian melanjutkan perjalanan, mengunjungi Radio Swasta Silver FM yang berada tak begitu jauh dari Kantor Bupati Lombok Utara.

(dyd/humaspro)   foto: mnd/kominfo

 

PEMDA KLU gelar Apel Paripurna dalam rangka memperingati HARKITNAS Ke-111 Tahun 2019

Diskominfo KLU, Tanjung - Bertempat dilapangan umum Tioq Tata Tunaq Tanjung, Pemda Kabupaten Lombok Utara gelar apel paripurna dalam rangka memperingati "Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019" bersama seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Senin (20/05/2019).

Turut hadir dalam apel tersebut, Ketua DPR KLU H. Burhan M. Nur, SH., Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.I.K, M.H., Para Asisten Setda KLU, Forkompimda KLU, dan Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Asisten II Ir. Hermanto membacakan pidato yang disampaikan oleh Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang berisi tentang ajakan untuk kembali menjalin persatuan pasca pesta demokrasi yang sudah menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat Indonesia dalam pilihan yang berbeda-beda pada Pemilu.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang kali ini dilangsungkan di bulan Ramadhan hendaknya di jadikan sebagai momentum kebangkitan untuk persatuan dengan disematkan tema " bangkit untuk bersatu" hingga pada akhirnya di ujung bulan Ramadhan nanti terjalin hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar. "Bulan suci ini menentukan kita untuk mengejar pahala, dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang di benci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah" ujar Rudiantara yang di sampaikan oleh Ir. Hermanto.

Ir. Hermanto menyampaikan pesan dari Rudiantara kepada seluruh masyarakat agar tetap bersama-sama untuk menjaga iklim yang tenang, agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan. "Seraya mengajak kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan Harkitnas kali ini dengan memperbaharui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang dapat membawa bangsa menuju kejayaan dipentas global" tutur Ir. Hermanto membacakan pidato dari Rudiantara.

(Yoan) Photo : Yoan

Safari Ramadhan, Bupati KLU serah bantuan pembangunan Masjid Darul Ikhsan Kr. Kates

Diskominfo KLU, Gondang - Untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di sejumlah Masjid yang ada di Kabupaten Lombok Utara, salah satunya adalah di Masjid Darul Ikhsan Kr. Kates Desa Gondang, Kamis (16/05/2019).

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH berkesempatan hadir ditengah masyarakat bersama rombongan tim II Safari Ramadhan Kabupaten Lombok Utara yang diketuai oleh Drs. H. Kholidi, MM, Kepala Dinas P2KBPMD KLU, untuk melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih bersama.

Di akhir Sholat Tarawih, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk tetap berpuasa dan menjaga Sholat Tarawih sampai akhir bulan Ramadhan meskipun dalam kesulitan karena musibah yang sedang dialami. "Semakin lama atau semakin akhir Sholat Tarawih kita ini, semakin besar pahala yang diberikan oleh Allah kepada kita" tutur Bupati

Pada kesempatan itu juga, Bupati menjelaskan tentang upaya yang terus dilakukan Pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan di Lombok Utara, salah satunya dengan turun kelapangan untuk melihat dan mendengar langsung keluhan dari masyarakat terkait kendala dan masalah apa yang dihadapi selama proses pembangunan berlangsung. "Di Karang Kates ada yang macet lapor aja pak" tegas Bupati dihadapan jama'ah yang hadir.

Percepatan pembangunan rumah yang sudah mencapai 17.000 dalam beberapa bulan ini merupakan hasil dari partisipasi dan kerja-sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Di Jogja saja untuk menyelesaikan pembangunan rumah warga di angka 17.000 itu membutuhkan waktu selama 3 tahun, hal tersebut menunjukkan progres yang positif dari upaya yang telah dilakukan secara bersama.

Diakhir sambutannya, Bupati kemudian menyerahkan bantuan dana kepada Ta'mir Masjid sebesar Rp. 5.000.000 untuk pembangunan Masjid Darul Ikhsan Kr. Kates.

(Yoan) Photo : Yoan

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial