Bupati Lombok Utara Letakkan Batu Pertama Pembangunan PEM Desa Santong Mulia.

Kayangan, Prokopim Setda KLU- Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Pusat Evakuasi Masyarakat (PEM) di Desa Santong Mulia (7/10/2021). Hadir Pula Wakil Ketua II DPRD KLU Mariadi SAg, Kalaksa BPBD KLU M Zaldy Rahadian ST , Direktur Yayasan Sheep Indonesia Andreas Subiono, Camat Kayangan, Kepala Desa Se-Kecamatan Kayangan serta undangan lainnya.
 
Bupati Djohan menyampaikan dengan di bangunya gedung evakuasi masyarakat bantuan dari yayasan sheep Indonesia. keinginan kita nantinya memiliki multi manfaat untuk kepentingan masyarakat dalam melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari tidak hanya saat bencana saja. "Saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Yayasan Sheep Indonesia yang telah membantu membangun gedung sebagai pusat evakuasi masyarakat kami khusunya di Santong Mulia ini,"tuturnya.
 
Bantuan dari para donatur sangat membantu dalam pembangunan di daerah pasca bencana gempa 2018 silam terlebih dengan kondisi ekonomi daerah yang mengalami penurunan akibat Covid-19. "Harapan saya gedung yang luar bisa dimanfaatkan dan sebagai amaliah dari Yayasan Sheep Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan nantinya,"harapnya.
 
Dalam pada itu Ketua Yayasan Sheep Indonesia Andreas Subiono menyampaikan pihaknya fokus melakukan pendampingan penguatan kapasitas pasca bencana. Yayasan Sheep Indonesia sudah tiga tahun bersama dengan masyarakat Desa Santong Mulia bermitra sehingga adanya gedung ini diharapkan mampu menjadi sistem mitigas bencana sekaligus pusat edukasi masyarakat kedepanya.
 
Adapun anggaran pembangunan gedung senilai Rp 3,1 miliar dengan target pengerjaanya sendiri diperkirakan 10 bulan kedepan. "Adapun bentuk bangunan nantinya di adaptasikan dari budaya lokal tetapi kontruksi di sesuaikan dengan kontruksi modern,"ungkapnya. PEM di desain untuk sistem mitigasi desa dan ini bagian dari Program sistem risiko pengurangan bencana maka program lain harus dijalankan husnya berkaitan dengan titik kumpul.
 
Kapasitas dari PEM ini saat bencana bisa mencapai 280 orang dan pada saat biasa biasa bisa 250 orang. "Harapan kami fungsi yang paling utama dari PEM ini pada saat tidak terjadi bencana bisa di optimalkan untuk pusat kegiatan sosial serta lainya termasuk juga sebagai tempat edukasi anak-anak terkait bencana,"harapnya.
 
rar foto:rar/prokopim

Wabup Lombok Utara Buka Workshop Rencana Aksi Penanggulangan Kemiskinan 2022

Tanjung, Prokopim Setda KLU - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridwan, ST, M.Eng membuka Workshop Rencana Aksi (Ren-Aksi) Penanggulangan Kemiskinan Daerah, yang akan diimplementasikan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2022, bertempat di aula kantor bupati setempat, Kamis (7/10/21). Hadir pula Plt. Kepala Bappeda Parihin, S.Sos, Koordinator Kompak NTB M. Wahyudi, Koordinator Kompak KLU Mawar Juwita, Kepala OPD KLU dan para undangan lainnya.
 
Wakil Bupati Danny Karter Febrianto menyampaikan Pemda berkomitmen menekan angka kemiskinan melalui intervensi program-program berbasis penanggulangan kemiskinan di setiap OPD. Sesuai dengan potensi yang dimiliki Lombok Utara, pihaknya meyakini ke depan akan mampu menekan angka kemiskinan daerah. “Daerah kita memiliki potensi sumber daya alam yang sangat bagus. Saya yakin bisa menekan angka kemiskinan,” tuturnya.
 
Ditambahkan wabup, setiap OPD di KLU diminta meningkatkan pelayanan dan komitmen bersama membangun daerah. Pihaknya berkeinginan setiap pelayanan publik dapat dinikmati serta bermanfaat bagi masyarakat terutama berkaitan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan, agama dan budaya.
 
Diharapkan pula, di tengah kesulitan melanda daerah, seluruh stakeholder pemangku pembangunan terus bersama melewati masa sulit. Pada tahun 2022 mendatang seluruh sektor yang ada diprediksi akan kembali normal sehingga dapat memberi kemaslahatan bagi masyarakat KLU. “Masa pandemi Covid-19, memang kita akui tidak mudah menjalani amanah yang sedang kita emban, tetapi mari kita jadikan tanggung jawab ini sebagai semangat untuk terus berjuang agar ke depan kita mampu menekan angka kemiskinan yang ada di KLU,” ajaknya.
 
Dalam pada itu, Plt. Kaban Bappeda Parihin, menyampaikan seluruh OPD memiliki ide program untuk kemudian dapat bersinergi bersama menuntaskan kemiskinan di KLU. “Mari pada kesempatan ini bapak-bapak kepala OPD mengutarakan ide dan program yang kiranya baik untuk kita jalani guna menekan angka kemiskinan yang ada,” pungkasnya. Acara berlangsung lancar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
(jfs) foto: atn/prokopim.

Bupati Lombok Utara Launching Klinik Pertanian dan Kukuhkan Kelompok Taruna Tani Melenial Desa Jenggala

Tanjung, Prokopim Setda KLU-Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH melaunching klinik pertanian dan mekukuhkan kelompok taruna tani melenial Desa Jenggala berlangsung di Halaman Kantor Desa setempat(7/10). Hadir pula Camat Tanjung Reselim SSos,Kepala Desa Jenggala Fakhruddin SPd, serta undangan lainnya.
 
Bupati Djohan menyampaikan klinik pertanian ini menjadi satu-satunya di KLU kedepanya dikelola dengan baik tidak sekedar simbolis harus berkelanjutan untuk mendukung itu semua tentu memerlukan kerjasama dengan bumdes serta lainya demi kepentingan masyarakat dikarenakan desa jenggala memiliki potensi yang luar biasa. "Saya mengapresiasi atas dilaunchingnya klinik pertanian serta selamat atas di kukuhkannya kelopak tani milenial Desa Jenggala,"ungkapnya.
 
Dengan dikukuhkannya petani melenial anak-anak muda dengan semangat yang enerjik yang memiliki visi dan ilmu tentang pertanian memiliki peran penting dalam pengembangan kedepanya. "Harapan saya kalian anak-anak mudalah yang mengambil peran sebagai petani biarkan yang tua isterehat ,"harapnya.
 
Sementara itu Kepala Desa Jenggala Fakhruddin menyampaikan hampir 80 persen potensi yang dimiliki desa pada sektor pertanian, dari ujung utara hingga selatan dipenuhi oleh hamparan sawah.Melihat potensi yang dimiliki serta permasalahan kompleks di bidangnya mulai dari penanaman hingga panen hal itulah yang mendasari berdirinya klinik Pertanian serta untu menunjang kebutuhan para petani selain itu klinik kedepanya sebagai salah satu wadah untuk para petani berkonsultasi masalah pertanian. "Harapan kami pada pengurus Bumdes nantinya bisa kerjasama dalam membangun sinergi serta menjalin komunikasi dengan baik dengan Pemda khususnya dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian,"harapnya.
 
Terbentuknya kelompok taruna tani milenial bertujuan dalam rangka membantu mewujudkan program dan visi-misi dari pemda KLU yang berkaitan dengan ketahanan pangan,pertanian dan perikanan.
 
(rar) foto:rar/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial