Bupati Lombok Utara Imbau Kegiatan UMKM di Desa Sambik Elen Berlanjut.

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., menghadiri Workshop "Penyampaian Hasil Implementasi Program LED dan Kolaborasi Kelompok dan Masyarakat Dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lombok Utara" di Aula Bupati Lombok Utara, Rabu (06/10/2021)
 
 
Dalam kesempatan itu, H. Djohan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Paluma Nusantara DIY yang bekerjasama dengan UNDP dalam melakukan kegiatan pembinaan terhadap ratusan pelaku UMKM di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan.
 
"Pemerintah daerah dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh kelompok Paluma Yogyakarta kerjasama dengan UNDP yang melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka membina UMKM yang ada di Desa Sambik Elen," ucapnya.
 
Lebih lanjut Bupati mengatakan, program yang dijalankan selama dua tahun oleh Paluma dan UNDP khususnya di Kabupaten Lombok Utara ini, sangat berpengaruh positif terhadap tumbuhnya semangat para pelaku UMKM dalam meningkatkan kembali geliat ekonomi masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.
 
"Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman dari Paluma Yogyakarta dan UNDP yang sudah dua tahun yang lalu memulai kegiatan-kegitan dalam rangka mengangkat semangat masyarakat ini untuk bisa tumbuh kembali semangatnya untuk memperbaiki ekonomi kita," tutur Bupati H. Djohan.
 
Terakhir, dalam sambutannya H. Djohan berharap kepada 550 KK penerima manfaat pembinaan UMKM di Desa Sambik Elen tersebut, agar tetap melanjutkan program yang sudah dijalankan oleh Paluma Nusantara DIY dan UNDP itu.
 
"Insyaallah pemerintah daerah juga akan mendukung sepenuhnya ikhtiar ini, dalam rangka kita mengembalikan semangat masyarakat Lombok Utara ini untuk kembali berusaha dan berikhtiar membangun dirinya, membangun ekonominya dan membangun keluarga secara keseluruhan," pungkasnya.
 
Sementara itu di acara yang sama, Muhammad Katur selaku Kepala Desa Sambik Elen mengakui, bahwa semenjak kehadiran Paluma Nusantara DIY dan UNDP di tempatnya itu, potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Sambik Elen dapat tergali dengan lebih maksimal.
 
"Dua tahun berturut-turut telah memperlihatkan kepada kami ( Paluma Nusantara DIY dan UNDP_red) ternyata Sambik Elen ini memiliki potensi yang cukup baik," sebutnya.
 
Atas manfaat nyata yang dirasakannya itu, Muhammad Katur berharap kepada Bupati Lombok Utara agar tetap memberikan ruang kerjasama dengan organisasi-organisasi non pemerintah untuk percepatan pembangunan di desa.
 
"Harapan kami kedepan, bagaimana bapak bupati melibatkan organisasi-organisasi non pemerintah seperti yang saat ini sudah kami nikmati di Desa Sambik Elen," katanya.
 
 
(Yoan)

Kebun Gizi Dilombakan di Bayan, Ketua TP PKK KLU Berharap Harus Berkelanjutan

Bayan, Prokopim Setda KLU - Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Utara Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu menghadiri lomba Kebun gizi yang diadakan oleh Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) di Kecamatan Bayan, Sabtu (9/10). Tampak Koordinator JAAM Project YNLM Firman Laia, Officer Kebun Gizi YNLM Maselina Sedo, para juri serta unsur lainnya.
 
Sebagaimana kita tahu bahwa berkebun merupakan suatu program, salah satu alternatif masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Selain menyediakan bahan pangan, kebun gizi menjadi salah satu sumber pendapatan bagi keluarga dengan menjual hasil kebun atau ditukarkan dengan barang lainnya.
 
Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Hj. Galuh Nurdiyah menyampaikan dengan keberadaan YNLM, PKK sendiri merasa sangat terbantu terutama dalam pengembangan kebun gizi khususnya pada empat desa di Kecamatan Bayan. ia mengapresiasi lomba kebun gizi yang diselenggarakan YNLM sebagai program bagus dan bernilai positif. "Kami dari PKK mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini, karena membantu PKK khususnya di Pokja III. Dengan adanya kebun gizi ke depannya tidak hanya di empat desa tetapi semua desa di KLU," pintanya.
 
Disampaikannya, kedepan lomba kebun gizi mesti terus berkelanjutan dan tentu tidak lepas dari pendampingan YNLM maupun para kader. "Kader-kader Champions Kebun Gizi luar biasa bekerja maksimal di lapangan. Adapun masukan dari para juri menjadi catatan dan disempurnakan ke depannya," tuturnya.
 
Program pendampingan yang dilakukan YNLM di wilayah Bayan, diakui Ketua TP PKK itu, sebagai kepedulian luar biasa mulai pembinaan dan pendampingan. "Harapan saya apa yang diperbuat sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat, kesehatan gizi keluarga tetap terpenuhi, tentu kedepan YNLM tidak hanya tentang gizi saja tetapi yang lainnya. Program pendampingan ini tidak hanya di Bayan tetapi di kecamatan lain di KLU dengan program yang lebih banyak," harap Galuh Nurdiyah.
 
Dalam pada itu, Officer Kebun Gizi YNLM Maselina, menceritakan YNLM mulai masuk sejak 2017, dimana awalnya melakukan asesmen. Kemudian mulai aktif menjalankan program pada tahun 2018. Gempa pada tahun yang sama, katanya, menyebabkan YNLM sempat terhenti dan lebih fokus memberikan bantuan kepada masyarakat terkena dampak. "Program yang kami lakukan berkaitan dengan kebutuhan nutrisi untuk peningkatan status gizi pada anak usia 0 sampai 3 tahun. Dalam proyek peningkatan gizi anak ada tiga program yaitu kebun gizi, tumbuh kembang anak dan nutrisi sendiri," tuturnya.
 
Dijelaskannya, pendekatan kebun gizi dengan sasaran semua dusun yang ada di empat desa di Kecamatan Bayan yaitu Loloan, Anyar, Sukadana, dan Baturakit. "Keterlibatan PKK dalam hal ini untuk peningkatan gizi pada anak. Jadi setiap pengolahan pangan lokal PKK dilibatkan selain juga di PAUD HI," ucap Maselina.
 
Kata dia, lomba kebun gizi tingkat kecamatan diadakan sebagai apresiasi untuk kader champions kebun gizi YNLM dan orang tua sasaran yang memiliki status anak BGM dan GK dengan 3 indikator penilaian kelembagaan, input dan output. Kegiatan penilaian lomba selama dua hari itu dengan tim juri berasal dari PKK, Dikes, DP2KBPMD, DKPPP dan Bagian Kesra. Adapun hasil penilaian para juri menetapkan Juara I Desa Sukadana, Juara II Desa Batu Rakit, Juara III Desa Loloan dan Juara IV Desa Anyar.
 
(rar_djn) foto: rar/prokopim

MTQ IX 2021, Bupati Berharap Mampu Mengisi Relung Hati Generasi KLU

 

Tanjung, Prokopim Setda KLU - Dalam rangka menjaring potensi, minat sekaligus pembinaan talenta qori-qori'ah, hafidz-hafidzah, di samping meningkatkan kegemaran membaca, menghafal, serta menulis Alqur'an dalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Daerah menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) IX tingkat Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun 2021. MTQ dibuka Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, di Aula kantor bupati setempat, Senin (11/10). Tampak hadir Wakil Bupati Danny Karter Febrianto R, ST, M.Eng., Kapolres Lotara AKBP Fery Jaya Satriansyah, SH, Pj. Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi, S.STP, MM, Asisten I Setda KLU Drs. H. Raden Nurjati, para Kepala OPD, Camat, Dewan Hakim, serta para kafilah dan official dari lima kecamatan.
 
Diawali penyerahan piala bergilir dari Camat Tanjung selaku Juara Umum MTQ ke-VIII tahun 2020 kepada Ketua LPTQ KLU. Selanjutnya Bupati melantik Dewan Hakim MTQ IX tahun 2021, berdasarkan Keputusan Bupati Lombok Utara Nomor: 349/18/KESRA/2021, dengan Ketua Dr. TGH. Lalu Muchsin Effendi, M.A.
 
Dalam momen yang istimewa ini, Bupati Djohan mengungkapkan, kegiatan MTQ menjadi agenda rutin tahunan yang diselanggarakan secara berjenjang, mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga internasional.
 
Disampaikannya, MTQ mampu membawa dampak positif bagi perkembangan dan kecintaan umat Islam terhadap Al-Quran.
 
"Pemda mengapresiasi terselenggaranya MTQ ini, berkomitmen mendukung penuh kegiatan ini walaupun terselenggara secara sederhana," tutur bupati.
Disampaikannya pula, bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud dari keinginan kuat demi meningkatkan kegemaran membaca, menghapal, menulis, serta mengamalkan Al-Quran dalam perikehidupan sehari-hari.
 
"Harapan saya dengan terselenggaranya MTQ ini mampu mengisi relung hati anak-anak kita dari yang kecil hingga yang dewasa," harap orang nomor wahid di Lombok Utara ini.
 
Khusus kepada dewan hakim, Bupati Djohan, berpesan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya, sehingga mampu menghasilkan qori, qori'ah, hafidz dan hafidzah
terbaik
 
Lombok Utara, seraya teriring doa bersama semoga kafilah Lombok Utara mampu berprestasi tidak hanya di level kabupaten melainkan pula level nasional dan internasional.
 
Dalam pada itu, Ketua LPTQ KLU Anding Duwi Cahyadi, S.STP, MM, mengatakan, MTQ tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dan konsisten menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.
 
Dibeberkan pula, bahwa MTQ IX direncanakan berlangsung dari tanggal 11-15 Oktober 2021 dengan lokasi dibagi menjadi 7 arena yang berbeda. Sementara jumlah peserta dari seluruh kecamatan sebayak 193 Kafilah, terdiri dari Kecamatan Pemenang 46 Kafilah, Kecamatan Tanjung 49 Kafilah, Kecamatan Gangga 25 Kafilah, Kecamatan Kayangan 45 Kafilah, dan Kecamatan Bayan sebanyak 28 Kafilah.
 
"Kegiatan MTQ ini sebagai upaya mengukur perkembangan peserta di bidang masing-masing. Adapun kafilah
terbaik nantinya akan berjuang untuk KLU di tingkat provinsi," bebernya.
 
Pj Sekda KLU itu mengharapkan terselenggaranya MTQ kali ini dapat memantik lahirnya metode baru pembinaan yang efektif dan berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas para peserta pada masa mendatang. (atn_djn)
 
foto: rar/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial