Hadiri Maulid Nabi, Wabup : Kegiatan Ini Menjadi Momen Wujud Cinta Kita Kepada Nabi Muhammad SAW

Diskominfo KLU, Tanjung - Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST, M.Eng., menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Islahuddin Dusun Batu Lilir, Desa Teniga, Selasa (19/10/2021). Mengawali sambutan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara Wabup mengucapkan terimakasih atas undangan silaturrahmi dari masyarakat Batu Lilir sehingga bisa bertatap muka secara langsung dengan jama'ah Masjid Islahuddin.
 
Selanjutnya Danny juga menyebutkan bahwa kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut merupakan momen untuk menunjukkan wujud kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW.
"Dalam merayakan hari kelahirannya, tentu hendaknya, bukan hanya untuk merayakan secara fisik, tapi bagaimana cara memperbaiki keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," ucapnya.
 
Lewat kesempatan tersebut, orang nomor dua di KLU yang biasa disapa Bang Danny ini, mengajak seluruh jamaah agar senantiasa terus menjalankan apa yang sudah di sunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. "Beliau adalah suri tauladan bagi kita semua, baik di dalam kehidupan kita sehari-hari, mulai dari kita membuka mata sampai dengan memejamkan mata. Kita diajarkan sunah dan anjurannya," ucap Wabup.
 
Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Panitia PHBI Masjid Islahuddin Dusun Batu Lilir, Muhajirin Ramzi, M.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Bupati beserta rombongan. Lewat kesempatan tersebut Muhajirin Ramzi menyampaikan ucapan syukur karena bisa bertemu dan bersilaturrahmi dengan Wabup mengingat semenjak dilantik menjadi Wakil Bupati, baru pertama kalinya berkunjung ke Masjid Islahuddin Dusun Batu Lilir. "Kami warga masyarakat, jama'ah Masjid Islahuddin Dusun Batu Lilir mengharapkan arahan, bimbingan atau informasi terkait dengan apa yang menjadi risalah perjuangan yang ada di Kabupaten Lombok Utara," ucapnya.
 
Lebih jauh, Muhajirin Ramzi juga sedikit menceritakan terkait dengan kondisi masjid mereka yang masih sederhana, mengingat semenjak gempa 2018 silam yang meluluhlantakkan tempat ibadah tersebut sampai saat ini belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun. Terkait dengan hal tersebut Muhajirin Ramzi meminta arahan dan petunjuk wakil bupati semoga bisa membangun masjid sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.
 
(Idham)

Bupati Lombok Utara : Digitalisasi Arsip Daerah Penting Dilakukan

Diskominfo KLU, Tanjung - Seiring perkembangan teknologi informasi dunia global serta adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, pemerintah dituntut mampu memberikan sistem pelayanan administrasi pemerintahan yang cepat, akurat, objektif, transparan dan berkualitas kepada masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., saat membuka kegiatan "Pembangunan Data Base Informasi Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara" yang dilaksanakan di Yonaris Cafe Desa Gondang, Selasa (19/10/2021). "Transformasi informasi melalui sistem digitalisasi penting dilakukan," pungkasnya.
 
Melihat upaya kongkrit yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Utara (Dispurarsip KLU) dalam membangun data base informasi kearsipan daerah tersebut, H. Djohan Sjamsu berharap terobosan dalam sistem tata kelola digital ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait pelayanan informasi kearsipan yang efektif dan efisien. "Ikhtiar ini sejalan dengan program Pemerintah Lombok Utara untuk percepatan pembangunan smart city di bidang pemanfaatan teknologi informasi sehingga proses surat menyurat dapat dilaksanakan dengan cepat, akurat dan aman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," imbuh Bupati.
 
Atas capaian dari Dispurarsip KLU tersebut, Bupati Lombok Utara menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada multi pihak yang telah berkontribusi dalam pengelolaan kearsipan pemerintahan dengan cukup baik. "Saya yakin dan percaya, sinergi semua pihak dalam memahami makna pentingnya arsip bagi tata laksana sistem pemerintahan mewujudkan informasi kearsipan Lombok Utara yang utuh, terpadu, sistematis dan komprehensif pada masa mendatang," tutur Bupati diakhir sambutannya.
 
(Yoan)

Bupati Lombok Utara Terima Kunker Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI

Gangga, Prokopim Setda KLU-Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H menerima Kunjungan Kerja Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Hilmar Farid, P.hD, bertempat di Pendopo Bupati Lombok Utara Gangga Senin(18/10) Hadir pula para kepala OPD,Tokoh Adat,serta lainya.
 
Bupati Djohan Menyambut baik atas kunjungan kerja dirjen Kebudayaan di KLU semoga silaturahmi dengan Pemda dan masyarakat adat serta budayawan tetap berkelanjutan. Dengan banyak suku,adat dan budaya yang berkembang di Indonesia termasuk didaerah kita serta mendapatkan pengakuan oleh negara. "Komitmen kami didaerah terhadap adat-istiadat serta budaya diperkuat dengan Perda no 6 Tahun 2020 hal ini menunjukkan keberadaan adat istiadat tidak bisa dipisahkan dari daerah,"tuturnya.
 
Lombok Utara atau lebih dikenal dengan masyarakat Dayan Gunung memiliki ciri khas budaya tersendiri sedikit berbeda dengan daerah lainnya dan adat budaya didaerah kita menjadi khasanah kekayaan budaya. "Kuatnya tradisi adat masyarakat di Lombok Utara yang dipelihara oleh masyarakat adat secara utuh dan turun menurun hingga kini"ungkapnya.
 
Dalam Pada Itu Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan dengan diikatkan sapuq (ikat kepala) sebagai tandanya diterima sebagai warga masyarakat Lombok Utara atau dayan gunung ini. "Kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama antara Pemerintah daerah bersama masyarakat dalam upaya memajukan kebudayaan didaerah kita ini,"ungkapnya.
 
Adat dan budaya memiliki peran penting di tengah masyarakat terlebih dimasa krisis yang kita hadapi saat ini akibat gempa dan pandemi namun adat istiadat dimasyarakat tetap utuh meskipun dengan banyak tantangan dari masa ke masa. "Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang paling tinggi di dunia jika keduanya digabungkan maka akan menghasilkan suatu matrik yang luar biasa yaitu bio curtural,"jelasnya.
 
Acara dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi multipihak revitalisasi dan transformasi pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah dan strategi implementasi kemajuan kebudayaan dayan gunung.
 
(rar) foto:rar/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial