Bupati Lombok Utara Panen Bawang Merah di Desa Santong

Kayangan, Prokopim Setda KLU- Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H Melakukan panen bawang merah program Pemerintah pusat kawasan sayuran dan tanaman obat (STO) di kelompok tani Beriuk sadar dusun Santong Timur Desa Santong Kecamatan Kayangan (7/9).Hadir Pula Kepala Bapenda Evi Winarni, M.Si, Kepala DKP3 Tresnahadi, S.pt, Camat Kayangan Siti Rukayah, S.pt, Kades Santong H. M. Zaini Ansori serta masyarakat setempat.
 
Bupati Djohan menyampaikan Tanaman bawang memiliki prospek sangat tinggi dan menjanjikan oleh karenanya untuk para petani disini untuk terus mengembangkan tanaman bawang baik yang ada di santong maupun di tempat lainya. Kedepannya "santong menjadi masyarakat sejahtera dikarenakan lahan pertanian yang luas dan sumber daya alam yang melimpah jika dikelola secara maksimal terlebih dimasa pandemi saat ini yang tidak terkena dampak hanya sektor pertanian bahkan memiliki pertumbuhan positif, tuturnya.
 
Saat ini Lombok utara selain fokus pada sektor pertanian juga fokus pada pengembangan lebah madu, porang, vanili selian itu pemerintah melalui dinas pertanian mengawal titik lokasi lahan yang cocok untuk komuditi bawang di karenakan tanaman ini menjadi perhatian yang serius dari pemerintah daerah kedepannya mengingat bawang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi. Dalam acara itu Kepala DKP3 Tresnahadi Menyampaikan sektor pertanian di KLU memiliki peranan sangat penting dan strategis saat ini, bahkan sektor pertanian satu-satunya yang mampu bertahan dimasa covid 19. "Pertumbuhan ekonomi dibidang pertanian tumbuh sangat positif terlebih di dukung oleh lahan persawahan dan perkebunan yang sangat luas, jelasnya.
 
Pengembangan tanaman bawang merah khusus di santong timur ini yang di tanam berjumlah lima hektar dimana dalam satu hektar dapat mencapai hasil 35 Ton basah dan ini menjadi komuditas yang luar biasa yang patut untuk di kembangkan baik lahan maupun produksinya.
 
(Rsd) foto: rsd/prokopim

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial